Tak Hanya Bersihkan Sungai, Satgas Subsektor 21-16 Cicalengka Perlebar Aliran Sungai

FAKTABANDUNGRAYA.COM, CICALENGKA - Upaya Mewujudkan daerah aliran sungai yang bersih, Satgas Subsektor 21-16 Cicalengka melakukan pelebaran aliran sungai yang mengalami penyempitan akibat dari sedimentasi di bantaran sungai. Hal itu dilakukan Satgas Citarum bersama warga di aliran anak sungai Cibodas, Dusun Babakan Peuteuy, Cicalengka, Jawa Barat, Senin, (12/11).

Dengan bermodalkan semangat dan peralatan seadanya, jajaran satgas bersama warga di sekitar anak Sungai Cibodas Dusun Babakan Peuteuy Rt 01 Rw 01 yang berjumlah 30 personel, mengikis tanah di bibir sungai sepanjang puluhan meter yang dimulai sekitar pukul 08.15 setelah pelaksanaan apel.

Antusias warga yang melaksanakan karya bakti dengan dukungan langsung Ketua Rw 01, Afandi dan Ketua Rt 01, Dedi, serta Gober.

"Sektor 21 Subsektor 16 hari ini melaksanakan pelebaran di anak Sungai Cibodas," ujar Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat melalui Wadan Subsektor 16/Cicalengka Sertu Erwin Syahputra kepada wartawan.

Ditambahkan oleh Erwin, "Pekerjaan tersebut dilaksanakan karena telah terjadi penyempitan aliran sungai akibat sedimentasi yang di musim hujan seperti saat ini berpotensi air sungai meluap, banjir," tambahnya.

Keberadaan jajaran Satgas Citarum ditengah-tengah masyarakat ini membawa nilai tersendiri bagi warga. Selain bertugas mengembalikan ekosistem di sepanjang DAS, beberapa waktu lalu jajaran satgas ini juga ringan tangan dalam membantu pembangunan infrastruktur jalan yang sedang dibuat oleh warga. [Cuy/St).

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.