Apakah FKPPI Jawa Barat Masih Diakui Sebagai Keluarga Besar Kodam III/Siliwangi?

(oleh : Ariyadi Djamsari/ Wakil Sekretaris PD X FKPPI Jabar Bidang Humas dan Publikasi)

Pengurus Daerah Forum Komunikasi putra-putri purnawirawan dan putra putri tni-polri Jawa barat atau yang disingkat PD FKPPI Jawa Barat merupakan organisasi masyarakat tingkat nasional yang berada di Jawa barat. FKPPI merupakan wadah tempat berkumpulnya putra-putri purnawirawan TNI- Polri yang berada di Jawa barat.

Berbagai pembinaan dilakukan oleh FKPPI baik terhadap anggota maupun terhadap masyarakat umum dalam rangka membantu sebagian institusi TNI-POLRI dalam rangka mempertahankan NKRI.

Selain itu, FKPPI merupakan organisasi nirlaba yang dalam setiap kegiatannya tidak mengedepankan mengenai keuntungan organisasi tetapi lebih mengutamakan tujuan organisasi yaitu memelihara kesatuan persatuan bangsa.

Sebagai organiasi Nirlaba tentunya FKPPI Jabar memerlukan tempat yang representatif sebagai sekretariat yang memadai dan strategis bagi organisasi sebesar ini. Hal ini penting, agar dapat menjalankan perannya dalam masyarakat dan menjadi pusat koordinasi, komunikasi, dan pembinaan bagi masyarakat maupun anggota dan 25 pengurus cabang FKPPI kab/kota di Jawa Barat.

Untuk itu, Sekretariat PD X FKPPI Jabar di jalan Banda No 5 Bandung merupakan sekretariat yang sangat ideal dan strategis yang merupakan pusat kegiatan anggota dalam hal kegiatan internal organisasi maupun kegiatan eksternal.

Beberapa kegiatan internal organisasi yang telah dan sedang dilakukan oleh FKPPI Jabar, diantaranya : 1. Pembinaan keluarga besar putra-putri AD, AL, AU dan polri serta putra-putri purnawirawan Pepabri Jawa barat.; 2. Koperasi fkppi.; 3. PKBM/pusat kegiatan bersama masyarakat dalam bidang pendidikan masyarakat. ; 4. PBH/pusat bantuan hukum keluarga besar FKPPI Jawa barat.; 5. Rapat rutin koordinasi 25 pengurus cabang FKPPI Jawa barat.

Sedangkan kegiatan eksternal yaitu pemanfaatan fasilitas ruang belajar yang dilakukan untuk pendidikan paket b dan c keluarga besar fkppi dan masyarakat tanpa dipungut biaya, pendidikan kursus keterampilan kecantikan, memasak, dan membuat kue, beberapa kali juga digunakan TNI AD untuk monitoring dan evaluasi juga analisa teritorial/Inteldam III Siliwangi, dan beberapa kali digunakan kegiatan ekstrakurikuler siswa SMA 3 dan SMA 5 tanpa dipungut biaya.

Meskipun demikian Sekretariat PD FKPPI Jabar tidak didapatkan secara cuma-cuma secara administratif sekretariat tersebut didapat dengan melakukan pemindahan hak izin penempatan rumah dinas yang dikuasai oleh Kodam III Siliwangi yang disetujui dan direstui oleh Panglima Kodam III Siliwangi pada saat itu dari pemegang hak awal kepada Ketua PD FKPPI Jabar yang dalam proses pelepasan hak tersebut juga timbul biaya yang cukup besar dalam rangka over VB yang harus dikeluarkan oleh FKPPI yaitu sebesar Rp.450 juta ( empat ratus lima puluh juta)

Oleh sebab itu sekretariat ini bukan hanya sangat dibutuhkan tapi juga merupakan sumbangsih anggota bagi organisasi dan negaranya, dengan begitu banyak kegiatan maka sekretariat yang berlokasi strategis ini dapat menghimpun anggota FKPPI Jawa barat, masyarakat, maupun 25 pengurus FKPPI kota/kabupaten.

Namun, kita sangat menyayangkan adanya surat dari Kodam III/Slw No B/22261/X/2018 tertanggal 12 Oktober 2018 tentang Penyerahan Rumah Dinas TNI AD c.q Kodam III/Slw di Jalan Banda No 5 Bandung yang ditujukan kepada ketua PD FKPPI Jabar.

Surat dari Pangdam tersebut yang meminta penyerahan rumah dinas TNI AD Kodam III Siliwangi di jalan Banda nomor 5 Bandung sangat mengejutkan sekaligus mengecewakan para anggota FKPPI Jabar . Karena Panglima Kodam III Siliwangi secara ex-officio merupakan pembina dari PD FKPPI Jawa Barat.

Dengan dalih penertiban aset, Pangdam seakan lebih memilih mengusir anak binaannya yang turut memelihara kesatuan dan persatuan bangsa, dibandingkan para pengusaha yang menyewa aset Kodam III Siliwangi, padahal aset yang ditempati oleh FKPPI Jawa Barat dipelihara dan digunakan untuk kepentingan masyarakat.

Menjadi sebuah pertanyaan besar apakah Kodam III Siliwangi masih mengakui FKPPI Jawa Barat sebagai keluarga besarnya?. Karena sungguh ironis ketika seorang ayah tega mengusir anaknya sendiri. Lantas pertanyaannya, Ada apa dibalik permintaan Kodam III/Slw meminta agar PD X FKPPI Jabar untuk mengosongkan Sekretariat FKPPI Jabar ?.

Selaku anak, FKPPI Jabar siap mengikuti prosedur dan mempertahankan sekretariat PD X FKPPI Jabar di jalan Banda No 5 Bandung untuk tetap dijadikan rumah bersama bagi Keluarga Besar anggota FKPPI Jabar, kandasnya. (ari/sein).

Kata Bijak Faktabandungraya.com

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar