Satgas Subsektor 21-3 Butuh Peran Aktif Masyarakat, Brigez Bojongsoang Siap Bantu


CIPAMOKOLAN - Satgas Subsektor 21-3 Cipamokolan sukses menggelar penyerahan bak sampah dan penanaman seribu bibit pohon Loa di kiri kanan Bantaran sungai Cipamokalan, yang terletak di desa Tegalluar dan desa Buahbatu, Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Minggu (13/1/19).

Dalam pelaksanaan penanaman seribu bibit pohon selain dihadiri Dansektor 21 Kol Yusep Sudrajat beserta seluruh anggota Satgas Sektor 21 dan perangkat pemerintahan tingkat Kecamatan hingga desa, satgas sektor 21 subsekstor 3 Cipamokolan juga sukses melibatkan dan merangkul organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan, yang diantaranya LSM LMPI (Laskar Merah Putih Indonesia), BBC (Buah Batu Corps), Brigez, dan Pramuka.

"Persiapan pelaksanaan penanaman pohon sudah kita siapkan sejak beberapa bulan yang lalu, mulai dari penyediaan lubang sebanyak seribu titik, kita juga sudah buat taman bunga, saung, bak sampah, sambil menunggu bibit pohon untuk ditanam, serta melakukan koordinasi mulai dari rt, rw, kepala desa, dan masyarakat desa, agar mendukung dan membantu satgas dalam menjaga kebersihan lingkungan sungai," ujar Dansubsektor 21-3 Cipamokolan Yahuza usai pelaksanaan.



"Alhamdulillah pelaksanaan penyerahan bak sampah dan penanaman bibit pohon mendapatkan dukungan langsung dari pihak kepala desa, dan komandan sektor, berkat dukungan itu kami bisa melaksanakan rangkaian acara," ungkapnya.

Namun, kata Yahuza, kesuksesan pelaksanaan ini adalah awal dari perjuangan kami, satgas subsektor 21-3 Cipamokolan. Karena usai bibit pohon ditanam, kami harus bisa pastikan dan mengawasi pohon tersebut tumbuh. "Dan itu bukan hal yang mudah, memelihara pohon dengan jumlah sebanyak ini, untuk itu kami butuh dukungan dari masyarakat agar bisa ikut bersama merawat tanaman hingga tumbuh besar," tutur Yahuza.

"Selama kami masih disini, akan terus mengajak masyarakat untuk sama sama menjaga lingkungan sungai, juga menjaga apa yang sudah dibuat oleh satgas citarum," harapnya.

"Kalo kita bergerak sendiri tanpa dukungan dari lapisan masyarakat, itu nol besar, tapi kalo masyarakat ikut berperan aktif, insha allah tugas (mengembalikan ekosistem sungai) ini lebih ringan," pungkasnya.

Sementara, ikut dalam pelaksanaan penanaman seribu bibit pohon di bantaran sungai Cipamokolan, DPC Brigez Bojongsoang terjunkan puluhan anggotanya dan berkomitmen untuk bantu tugas Satgas Citarum yang ada di wilayahnya. Hal itu ditegaskan Dian Risma, Bendahara DPC Brigez Bojongsoang usai kegiatan.

"Alhamdulillah sebelum kegiatan hari ini, anggota yang kebetulan tinggal disini, makanya hampir setiap seminggu sekali ikut bergabung dengan kegiatan satgas tni disini, membantu bapak bapak tentaranya," ujarnya.

Dian mengaku bahwa DPC Brigez Bojongsoang peduli lingkungan, bukan kali ini saja kegiatan peduli lingkungan. "Bukan hanya disini saja, disetiap desa kami menerapkan untuk peduli lingkungan, baik di desa Bojongsari, desa Lengkong, Cipagalo dan desa Bojongsoang," ungkapnya.

Ia pun berpesan kepada anggotanya, "selama kita hidup di lingkungan, kita harus jaga lingkungan, jangan buang sampah sembarangan, dan terutama kebersihan sebagian dari iman," ujarnya.

Dian juga memastikan, 500 anggota DPC Brigez Bojongsoang, yang tersebar di 6 PAC akan terus mendukung pelaksanaan program citarum harum, "kami sangat mendukung dan antusias untuk membantu kebersihan di lingkungan Citarum," tandasnya.

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.