Aksi Tanggap Babinsa Terhadap Bencana Alam di Majalengka

Majalengka, Faktabandungraya.com,-- - Aksi tanggap darurat bencana yang dilakukan oleh Babinsa terhadap bencana yang ada diwilayah dilakukan bersama-sama dengan aparat terkait lainnya.

Hal ini terjadi akibat intensitas curah hujan yang tinggi beberapa hari ini mengakibatkan terjadinya bencana dibeberapa daerah. Seperti halnya pergeseran tanah yang diakibatkan hujan lebat dan durasi yang cukup lama di Blok Lame Laut RT. 009 RW. 003 Desa Mekarmulya Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka, kemaren Selasa (8/4).

Dengan terjadinya bencana pergeseran tanah ini, terdapat 17 unit rumah mengalami kerusakan dan perhatian bersama.

Dandim 0617/Majalengka, Letkol Arh Novi menyebutkan bahwa upaya yang dilakukan oleh para TNI yaitu Babinsa diwilayah tersebut membantu meringankan beban masyarakat dengan mendata dan evakuasi warga kerumah sanak family yang terdekat dan membantu perbaikan rumah warga.

"Selain itu, Babinsa melakukan koordinasi dengan aparat terkait seperti BPBD, Pemda setempat untuk merelokasi warga yang terdampak dari pergeseran tanah tersebut," ujar Dandim 0617.

Selanjutnya, "Babinsa dan Babinkamtibmas bersinergi menutup jalan dan menghimbau kepada pengguna jalan untuk sementara karena arus jalan dialihkan dari arah Majelengka, kuningan ke Jalan Cidulang, Jalan Cipulus, Jalan Karang Anyar dan Jalan Kuningan. Kemudian membuang Matrial batu yang menutup di badan jalan," jelasnya.

Ditempat terpisah, telah terjadi bencana tanah longsor dan banjir di Kecamatan Cikijing.

Koramil 1705/Cikijing bersama Muspida dan BPBD untuk melaksanakan patroli dan mengamankan warga terdampak banjir guna mencegah terjadinya korban jiwa.

Selanjutnya, kata Letkol Novi, pihaknya menginstruksikan anggota Babinsa setempat untuk mengecek sumber sumbatan air yang tersumbat. Langkah selanjutnya akan dilaksanakannya rapat evaluasi di Ruang Pendopo Kabupaten Majalengka. (Red/Pendam III)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.