Pecatur Bandung dan Jakarta Mendominasi Turnamen Catur Piala 3M di Bandung

Bandung, Faktabandungraya.com,-- Puluahn  pecatur junior, pecatur senior dan veteran  mengikuti turnamen Catur memperebutkan Piala 3M plus uang pembinaan yang diselenggarakan di Click Squere Jalan Naripan Bandung, pada Sabtu-Minggu (6-7 April 2019)

Organizing Comitee, Muhammad Hatta Taliwang menjelaskan kejuaraan/ turnamen catur memperebutkan Piala 3M dengan hadiah ratusan juta rupiah sudah sangat sering dilakukan di Jakarta Namun yang digelar Click Squere Bandung ini adalah yang pertama kali digelar.

Turnamen Catur 3M yang digelar Click Squere Bandung merupakan ajang terakhir sebelum Pemilu. Nanti kita adakan lagi setelah Pilpres, ujar Hatta dalam rilis yang diterima redaksi faktabandungraya.com, Senin (8/4-2019).

Menurut M. Hatta Taliwang, nama Turnamen Catur 3M sendiri berasal dari singkatan 3 orang sponsor utama yaitu M pertama; Muarar Sirait yang biasa dipanggil Ara Sirait. M kedua : Misbakhun dan M ketiga Muhammad Hatta Taliwang.

Untuk hasil turnamenya, Pecatur junior Kota Bandung mendominasi kelompok U-16, M Ariel pecatur andalan kota Bandung berhasil keluar sebagai juara kelompok U 16. Peringkat kedua ditempati Saman Zakiuddin dan peringkat ketiga ditempati Diaz Daytona.

Sayangnya prestasi pecatur junior 16 tahun tidak diikuti oleh kelompok lain. Di kelompok atau kategori Senior Master peringkat pertama diduduki Yoseph T. Taher, disusul Sean Winshand di peringkat kedua. Serta Masruri Rhama di peringkat ketiga. Ketiga pecatur ini, yaitu Yoseph, Sean dan Masruri berasal dari DKI Jakarta.

Sedangkan di kelompok Senior Non Master, Maruntung dari kota Depok keluar sebagai juara. Pecatur cilik Samantha Editsho membuntuti di peringkat kedua. Sementara pecatur kota Bandung Ajat Sudrajat tanpa diduga berhasil menduduki peringkat ke 3 dari 350 peserta senior non master.

Sementara itu di kelompok wasit terjadi kekuatan yang berimbang. Semua pecatur pernah mengalami kekalahan. Akhirnya setelah menyelesaikan pertandingan 7 babak, Syahrial dari Sukabumi/ Jawa Barat keluar sebai juara. Peringkat kedua ditempati Aris TLS dari DKI Jakarta. Serta peringkat ketika diduduki Ali Sadikin dari Jawa Tengah. Ketiga pecatur tersebut (Syahrial, Aris TLS dan Ali Sadikin) memiliki point yang sama; 5.5. Tetapi pada TB (Tie Break) selanjutnya Syahrial menggungguli kedua pecatur lainnya.

Ditambahkan, Kordinator Humas 3M Bandung, Drs.H. Darwis S.Pulungan WN, turnamen catur 3M dibagi dalam 4 kategori yaitu Kategori junior  U-12 diikuti sebnyak 23 pecatur; Junior U-16 sebanyak 32 pecatur; Wasit dan Wanita sebanyak 30 pecatur; dan kategori Veteran (diatas 55 tahun) sebanyak 40 pecatur.

Darwis membenarkan bahwa ke-3 sponsor utama turnamen Piala 3M merupakan para politisi. Ketiga tiganya pernah menjadi anggota DPR RI. Bahkan Muarar Sirait dan Misbakhun sampai saat ini masih anggota DPR RI.

Namun demikian kejuaraan 3 M tidak ada sangkut pautnya dengan politik. “ Terbukti bang Ara yang nyaleg di Dapil Cianjur dan kota Bogor tidak menggelar event di Bogor atau Cianjur tapi di kota Bandung” ujar Darwis. (rls/red).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.