Sebanyak 226.610 siswa SMA se-Jabar Mengikuti UNBK 2019

Bandung, Faktabandungraya.com,-- Sebanyak sekolah menengah atas (SMA) telah mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (1/4/2019). Berdasarkan data yang dimiliki Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat, sebanyak 43% sekolah melaksanakan UNBK dengan tiga sesi, sedangkan 35% dua sesi, dan 22 % lainnya satu sesi. Dalam prosesnya, sebanyak 102.766 unit komputer digunakan dalam ujian yang dilakukan di 1.494 sekolah, dengan jumlah server sebanyak 3.215 unit.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dewi Sartika mengatakan, pelaksanaan ujian telah dipersiapkan dengan matang sehingga pada pelaksanaannya berjalan lancar dan sesuai prosedur.

“Setiap satuan pendidikan diharapkan turut membantu kelancaran ujian serta menerapkan standar objektif untuk kelulusan siswa,” tuturnya, Senin (1/4/2019).

Kadisdik pun berpesan kepada peserta UNBK untuk mengerjakan ujian dengan percaya diri dan jujur. “Meski bukan penentu kelulusan, hasil ujian nasional akan dimanfaatkan untuk perbaikan proses belajar. Jadi, diharapkan mendapat nilai ujian yang optimal,” harapnya.

Koordinasi

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kurikulum SMAN 1 Bandung, Rikki Mochamad Ramdhani mengatakan, pelaksanaan UNBK hari ini terpantau lancar. Dia menjelaskan, jika ada kendala teknis, panitia ujian di setiap sekolah akan melakukan koordinasi.

“Jika ada kendala jaringan di sekolah, kita langsung koordinasikan dengan sekolah lain untuk mengetahui kondisi di sana. Penyedia jaringan internet di sini pun berkomitmen mengoptimalkan koneksi internet selama ujian berlangsung,” tuturnya, saat ditemui di ruangan, Senin (1/4/2019).

Selain itu, setiap sekolah yang menyelenggarakan UNBK telah melakukan beberapa simulasi agar mampu menyiapkan ujian sebaik-baiknya. Dia pun mengatakan, sekolah yang beralamat di Jalan Ir. H. Juanda Nomor 93 tersebut berkomitmen memberikan pelayanan optimal bagi siswa. “Kita sudah melakukan persiapan bagi kelas XII sejak November untuk fokus ujian hari ini. Baik dengan try out ataupun pemantapan yang dilakukan berkala,” jelasnya.

Pelaksanaan UNBK SMA dilaksanakan selama empat hari. Yakni tanggal 1,2,4, dan 8 April 2019, dengan mengujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris serta IPA/IPS. Bagi siswa yang berhalangan mengikuti ujian, dapat mengikuti ujian susulan yang akan dilaksanakan pada 15-16 April 2019. (hms/red).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.