Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tanggul Sungai Cicalobak “JEBOL”, Warga Pasir Endah Diterjang Banjir Bandang

Senin, 01 April 2019 | 22:55 WIB Last Updated 2019-05-16T16:13:09Z
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Pemerintah Kota Bandung gerak cepat mengatasi banjir bandang akibat tanggul Sungai Cicalobak “JEBOL”, sehingga mengakibatkan ratusan rumah warga serta dua sekolah diwilayah Sukup Baru, Kelurahan Pasir Endah, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, Senin (1/4/2019) sore.

Ratusan rumah warga yang teremdam banjir bersama dua sekolah yaitu SDN 224 Cijambe dan SDN 106 Ajitunggal turut terendam banjir dan mengalami kerusakan.

Atas musibah banjir bandang tersebut, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, menginstruksikan  aparat kewilayahan untuk segara  menangani warga terdampak banjir bandang. Bahkan sewaktu saya  menerima laporan bahwa tanggul Sungai Cicalobak jebol dan merangsek ke permukiman warga di RT 07/RW 06, Kelurahan Pasir Endah, Kecamatan Ujungberung.

"Saya sudah instruksikan aparat kewilayahan yang didukung  Diskar PB dan Dinsos, apa yang dibutuhkan masyarakat harus terkoordinasi dengan baik. Informasi dari pak Camat banjir tengah diatasi dan ditangani masyarakat. Termasuk tim gober juga turun tangan," katanya.

Oded meminta  Dinsos  agar segera menyiapkan sejumlah kebutuhan warga yang terdampak. Termasuk kebutuhan ruang belajar bagi siswa SDN 224 Cijambe dan SDN 106 Ajitunggal Cijambe selama sekolahnya belum bisa digunakan untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

"Dinas terkait sudah hadir di lokasi. Petugas Tagana dan PMI juga hadir di sana. tidak ada korban jiwa,   anak-anak sekolah sudah di evakuasi  dan menutup tanggul yang roboh, ujarnya.

Oded juga menghimbau kepada seluruh warga yang ada di bantaran sungai untuk lebih waspada dan hati-hati. Boleh jadi, di bawah tidak hujan tetapi di atas hujan, maka banjir bisa datang tanpa diduga," ujarnya.

Sementara itu, Diskar PB Kota Bandung telah menurunkan 1 tim rescue dan 1 im assessment dan Petugas sudah tiba di lokasi pukul 17.15 WIB. Selain Diskar PB, penanganan didukung oleh aparat kewilayah, Polda Jabar, Polsek Ujungberung, Koramil, Babinsa, Tagana, BPBD Jabar, Basarnas, Dinas PU Kota Bandung, Dinas Kesehatan Kota Bandung, PMI Kota Bandung, Tim Gober.

Kepala Bidang Penanggulangan Diskar PB, Sihar Pandapotan Sitinjak, langkah awal yang diambil yaitu melakukan evakuasi para siswa dan mengamankan area di sekitar lokasi kejadian. Serta telah mensiagakan pelaratan berupa perahu karet dan mobil 2 unit. " katanya.

DPU Kota Bandung, sudah  memasang batu ditutup terpal.= dan elanjutnya  pemasangan bronjong sebelum tanggul yang jebol diperbaiki. (hms/red).
×
Berita Terbaru Update