Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Gunung Tangkuban Parahu Erupsi

Jumat, 26 Juli 2019 | 17:25 WIB Last Updated 2019-07-26T11:01:42Z
BANDUNG, faktabandungraya.com,--- Gunung Tangkuban Parahu Jawa Barat mengalami erupsi, Jumat (26/7/19), menurut informasi dari Pos Pengamatan Gunung api Tangkuban Parahu, PVMBG Badan Geologi, KESDM. Erupsi terjadi sekira pukul 15:48 WIB, dengan tinggi kolom abu teramati ± 200 m di atas puncak (± 2.284 m di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi ± 5 menit 30 detik.

Saat ini Gunung Tangkuban Parahu berada pada Status Level I (Normal) dengan rekomendasi:

A. Masyarakat di sekitar G. Tangkuban Parahu dan pengunjung, wisatawan, pendaki tidak diperbolehkan turun mendekati dasar kawah Ratu dan Kawah Upas dan tidak boleh menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks G. Tangkuban Parahu, serta ketika cuaca mendung dan hujan dikarenakan terdapatnya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan kehidupan manusia.

B. Masyarakat di sekitar G. Tangkuban Parahu, pedagang, wisatawan, pendaki, dan pengelola wisata G. Tangkuban Parahu agar mewaspadai terjadinya letusan freatik yang bersifat tiba-tiba dan tanpa didahului oleh gejala-gejala vulkanik yang jelas. (Cuy)

Sumber Data : KESDM, Badan Geologi, PVMBG.
×
Berita Terbaru Update