Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Berkat Satgas Citarum Partisipasi Meningkat, Warga Ikut Bersihkan Aliran Sungai Cisungalah

SOLOKANJERUK, faktabandungraya.com,--- Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 17 Solokanjeruk bersama warga dua RW melaksanakan karya bakti di aliran sungai Cisungalah, kampung Puja, desa Panyadap, Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, Minggu (4/8/19). Warga yang ikut bergabung dalam pembersihan sungai diperkirakan mencapai sebanyak 200 orang, yang terdiri dari warga Rw 03 dan Rw 04.

"Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara warga dan satgas, guna meningkatkan partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan juga sungai dari pencemaran sampah," ucap Serma Agus Sumarna, Dansubsektor 21-17 Solokanjeruk.

"Alhamdulillah, tingkat partisipasi warga dalam kegiatan hari ini cukup banyak, semoga kegiatan seperti ini bisa dilanjutkan di hari hari kedepan," harapnya.

Sementara, Ketua RW 04 Endang Koko mengatakan bahwa ini adalah kegiatan pertama kali sejak ada satgas citarum dengan melibatkan banyak warga. Kerja bakti seperti ini biasanya dilakukan 3 kali dalam setahun.

"Mungkin karena ini juga hari minggu, masyarakat banyak yang libur kerja, warga juga sangat antusias dengan kegiatan ini," ujarnya.

Menurutnya, selama ini warga di wilayah desa Panyadap, khususnya di lingkungan RW 04 mengeluhkan karena minimnya ketersediaan sarana dan prasarana pembuangan sampah sementara. Saat ini, pengelolaan sampah di lingkungan RW 04 dikelola oleh Karang Taruna, seminggu sekali dilakukan pengumpulan sampah dari warga.
Keberadaan satgas citarum, kata Endang, sangat membantu warga dalam menjaga lingkungan, jadi bukan hanya sekedar memberikan himbauan tapi sudah memberi contoh kepada warga.

"Ketika melihat satgas dibawah sedang membersihkan sampah di sungai, kita yang diatas kan malu. Walaupun gak disuruh juga kita akhirnya mau ikut terjun," ungkapnya.

Sementara, Ketua RW 03 Endang Ganda Haya mengungkapkan terimakasih kepada satgas, karena telah meningkatkan animo masyarakat di RW 03 untuk bersama sama menjaga lingkungan, salah satunya melalui kegiatan karya bakti ini.

Hal yang sama juga dikeluhkan warga masyarakat, karena masih kurangnya sarana dan pra sarana tempat pembuangan sampah.

Ia pun mengungkapkan, "mohon kepada pemerintah untuk segera menyediakan tempat pembuangan sampah. Insallah citarum harum akan berhasil jika sudah tersedia tempat pembuangan sampah yang cukup," jelasnya. (Cuy)

Posting Komentar

0 Komentar