Semarakan HUT Ke-74 RI, Satgas Citarum Sektor 5 Gelar Penanaman Pohon dan Perlombaan 17-an

CIPARAY, faktabandungraya.com,--- Menyemarakan peringatan HUT Ke 74 RI, Satgas Citarum Harum Sektor 5 bersama 160 orang Mahasiswa UPI Kampus Cibiru dan seluruh elemen masyarakat menggelar penanaman pohon dan pesta rakyat berupa perlombaan 17an khas rakyat, di Taman Ikon Citarum Harum, kampung Sapan, Jalan Cagak RW. 01, desa Bojongemas, Kabupaten Bandung, Minggu pagi (18/8/19).

Sebelum dilaksanakan Pesta Rakyat, Satgas Maung Siliwangi Citarum Harum bersama mahasiswa dan masyarakat, melakukan pengambilan sampah dan penanaman 150 pohon Jeruk berbagai jenis.

Penanaman secara simbolis dilakukan langsung oleh Dansektor V Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Sumarno dan para Mahasiswa KKN UPI Cibiru serta masyarakat setempat.


Pesta rakyat menjadi acara puncak, berupa perlombaan 17an khas rakyat dalam menyemarakan HUT RI ke 74. Adapun jenis perlombaan yang di lombakan yakni, Panjat Pinang, Lomba Gebuk Bantal di atas kolam, lomba memasukan Jarum ke dalam botol, dan yang menarik yaitu lomba menangkap bebek.

Dikatakan Kolonel Inf Sumarno, "hari ini kita sedang memperingati Kemerdekaan RI ke-74 dimana momen ini sangat bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia," ujarnya.

Sejarah telah mencatat dan terukir dalam tinta emas perjuangan para Pahlawan Kusumah Bangsa yang telah gugur  mengorbankan jiwa dan raga demi merebut Kemerdekaan dari tangan para penjajah asing.

Maka tidak ada salahnya kita sebagai anak bangsa, menghormati dan menghargai jasa-jasa para pahlawan kusuma bangsa, mengisi kemerdekaan ini dengan pembangunan di segala bidang guna melanjutkan cita-cita luhur para pahlawan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Lebih lanjut Dansektor 5 mengatakan, " terkait program citarum harum, sesuai dengan tugas dari Panglima kodam III/siliwangi, yang di perintahkan kepada satgas, maka kami melaksanakan serta melakukan sosialisasi terhadap masyarakat secara rutin, salah satunya memperkenalkan salah satu ikon Taman Citarum yang berada di kampung Sapan yang dulunya sebelum di jadikan taman menjadi tempat pembuangan sampah ilegal, jelasnya.

Tujuannya, "agar masyarakat bisa ikut serta dalam upaya percepatan pengendalian pemulihan DAS Citarum dengan tidak membuang sampah, baik itu kotoran hewan, manusia dan limbah pabrik, seterusnya masyarakat bisa merubah medset tidak baik," ungkapnya.

"Di taman ini kita tanam bibit buah-buahan jeruk berbagai jenis berikut kolam yang akan dijadikan tempat wahana wisata mancing mania. Fasilitas sarana Ibadah pun kita buatkan agar warga selain bisa menikmati indahnya taman ini juga bisa melakukan ibadah sholat," Tandas Dansektor.

Di tempat yang sama, Moch Nur Azis perwakilan Mahasiswa KKN Tematik UPI Cibiru Bandung mengatakan bahwa dengan adanya Program Citarum Harum, "kami semua bisa belajar menimba ilmu yang diberikan Dansektor V, tentunya sangat bermanfaat bagi kami untuk mencintai lingkungan terutama ekosistem citarum, kedepannya ilmu yang kami dapatkan akan disosialisasikan kepada masyarakat guna membantu program pemerintah terkait program Citarum Harum," pungkasnya. (red/Pendam III).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.