Disdik Jabar : Gelar Sumpah Pemuda - Pramuka PKLK 2019“ Menuju Kemandirian Melalui Pendidikan Karakter”

GARUT , Faktabandungraya.com,--- Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang sekaligus ditandai mulainya pembukaan Gebyar Pramuka PKLK (Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus) tahun 2019, di ADB Cilampuyang , Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Senin (28/10/2019).

Kegiatan dengan mengangkat tema : “Menuju Kemandirian Melalui Pendidikan Karakter”di ikuti sekitar 510 siswa dari 27 Kabupaten se Jawa Barat, dibuka secara resmi oleh Kasdim 0611 Garut Mayor Inf Hamzah Budi Santoso, SE, yang hadiri Kabid PKLK H. Nanang Nurwasid S.Pd, Wakapolres Garut, Kompol Abdul Kholik, Kadispora Kab. Garut dan Kwarcab Kab. Garut.

Menteri Pemuda dan Olahraga dalam sambutannya yang dibacakan Kasdim 0611 Garut Mayor Inf Hamzah Budi Santoso, mengatakan pemuda merupakan pelopor kemerdekaan, sekaligus tonggak utama dalam menjaga keutuhan NKRI. Tema yang diusung saat ini, sangat tepat. Tema Bersatu Kita Maju, telah membawa kembali komitmen untuk meningkatkan Persatuan dan Kesatuan,” tandasnya

Sementara itu ditempat yang sama, Kabid PKLK Disdik Jabar H. Nanang Nurwasid S.Pd, kepada wartawan mengatakan, kegiatan pramuka ini, diharapkan pertama tetap semangat dengan gebyar pramuka, kedua dapat memberikan output peserta didik peserta pramuka dapat pro aktif, komperatif, inovatif, mandiri, dan berkarakter.

“ Kegiatan Gebyar Pramuka PKLK 2019 yang digelar di Garut sengaja disatukan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, hal ini karena diharapkan seluruh peserta dan pembimbing peserta dapat memiliki jiwa nasionalisme, bangkit meneruskan perjuangan para pahlawan, tokoh pemuda dan dapat menciptakan Indonesia damai” Ujar H. Nanang Nurwasid S.Pd.

Ketua pelaksana kegiatan, Tamudin, S,Pd, juga berharap gebyar pramuka ini dapat meningkatkan kualitas sumberdaya manusia sekaligus menambah pengetahuan, keterampilan dan perngamatan serta mempererat tali persaudaraan antar anggota pramuka.

“Semua kegiatan ini memiliki tujuan mengukur kemampuan untuk membentuk manusia berkualitas dan berakhlak mulia dengan meningkatkan kretivitas, kedisiplinan dan kemandirian. Hari ini kita membuka gebyar pramuka PKLK yang akan digelar selama empat hari kedepan (28-31/10/2019). Hari ini juga bersamaan dengan momentum peringatan sumpah pemuda tahun 2019. Semoga hal ini bisa menambah motivasi dan semangat peserta,” ungkapnya.

Peringatan Sumpah Pemuda dan Gebyar Pramuka 2019 dengan tema ‘Menuju Kemandirian Melalui Pendidikan Karakter’ ini mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah dengan hadirnya Wakapolres Garut, Kompol Abdul Kholik serta Kasdim 0611 Garut Mayor Inf Hamzah Budi Santoso, SE.

Wakapolres Garut, Kompol Abdul Kholik memberikan dukungan penuh kegiatan pramuka yang digelar di kawasan Malangbong ini. Diharapkannya kegiatan pramuka ini bisa terus meningkatkan berbagai kegiatan positif seperti halnya pramuka.

“Tentunya kita mensuport berbagai kegiatan pisitif, seperti halnya gebyar pramuka ini. Semoga dengan hari sumpah pemuda dan gebyar pramuka ini menjadikan semangat para pemuda untuk mmewujudkan karya posotif dan kreatif untuk bangsa ini,” tandasnya. (red/dbs)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.