Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Atasi Lahan Kritis, BPDASHL Cimanuk-Citanduy Bagikan 50ribu Bibit Macadamia

Rabu, 11 Desember 2019 | 00:06 WIB Last Updated 2019-12-11T17:20:14Z
GARUT, Faktabandungraya.com,--- Guna menjaga kelestarian hutan dan mengatasi lahan kritis, khususnya di Jawa Barat, Direktorat Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK) kepada kelompok tani dan masyarakat berupa bibit Macadamia sebanyak 250ribu batang. 

Menurut Direktur Perbenihan Tanaman Hutan Dirjen PDASHL Kemen LHK RI, Ir. Mintarjo, MMA, untuk mengatasi lahan kritis di Jabar, kita sudah siapkan bibit Macadamia sebanyak 250ribu batang, yang sudah siap tanam. Bibit Macadamia langsung didatangkan dari Australia sebanyak 1 juta bibit, dan sudah didistribusikan ke seluruh BPDASHL di seluruh Indonesia, termasuk juga Jabar.

“ Untuk wilayah Jabar kita bagikan bibit Macadamia sebanyak 250ribu batang, yang kini sudah siap tanam. Pembibitan bibit Macadamia tersebut kini berada di BPDASHL Cimanuk-Citanduy sebnyak 50ribu batang dan BPDASHL Citarum-Ciliwung sebanyak 200ribu batang”, ujar Mintarjo, kapada wartawan disela-sela lonching penanaman bibit Macadamia di Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang Kabupaten Garut, Selasa, (10/12/2019).

Penyediaan bibit Macadamia dilakukan sebagai salah satu corrective action dalam rehabilitasi hutan dan lahan tahun 2019. Dari gerakan penanaman pohon Macadamia yang tidak kalah menariknya selain nilai ekonomis yang tinggi, nilai jualnya jauh di atas sayur-mayur.

Dijelaskan Mintarjo, setiap masuk musim penghujan, masyarakat senang, karena hujan merupakan berkah. Karena dengan air hujan akan tumbuh berbagai tanaman yang bermanfaat bagi semua mahluk hidup, termasuk juga para petani.

Pembagian dan penanaman bibit Macadamia, yang diluncurkan oleh Pemerintah melalui Dirjen PDASHL Kemen LHK RI merupakan trobosan dalam mengatasi hutan dan Lahan kritis. Selain itu, sebagai upaya untuk merubah mindset masyarakat, yang selama hanya menanam sayur mayur dihalan datar, dalam menjaga lahan kritis tetapi, telah naik ke atas gunung. Itu makanya banyak terjadi tanah longsor,” katanya.

Diakuinya, upaya untuk mengajak petani turun gunung, dan menanam sayur mayur di tanah datar telah berulang kali disosialisasikan, tetapi mereka tetap saja membandal.

“Mereka bukannya tidak peduli, tetapi mereka butuh kehidupan, jadi mereka tetap nekat mengganti hutan yang jadi pengikat air –dan penjaga paru-paru dunia, lalu mengubahnya menjadi lahan pertanian sayur mayur,” ujarnya.

Padahal, ia menilai alam Jabar memiliki karakteristik tersendiri, dengan ketinggian mencapai 1.300 dari permukaan laut (dpl), sehingga memiliki daya hujan yang cukup tinggi, ditambah lagi dengan karakteristik biofisik alamnya. Dengan kemiringan yang relatif terjal, itu artinya daya gratifikasi relatif besar.

“Sehingga, ketika terjadi hujan dan lahan sudah terbuka maka tanah relatif tergerus, dan longsor atau mengakibatkan erosi, mengalir ke sungai terjadilah sedimentasi atau pendangkalan aliran sungai,” serunya.

Atas dari itulah, pemerintah terus berusaha mencari terobosan-terobosan baru, alam terjaga dan petani juga senang. Sampai akhirnya ditemukan sebuah tanaman yang punya nilai ekonomis tinggi sebagai pengganti tanaman sayur mayur.

Tanaman macadamia dan alpokat adalah solusinya. Macadamia, berasal dari Hawai dan Australia, sementara Alpukat dari Amerika Latin, keduanya cocok ditanam di lahan yang memiliki ketinggian di atas 800 dpl, dangan temperatur 14 sampai 32 derajat celcius.

“Ditambah lagi lahan di Jabar relatif subur. Maka kita yakin, Macadamia dan Alpukat dapat tumbuh subur di Jabar,” terangnya.

Di negara asalnya, kata Mintarjo, macadamia berbuah sekali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret. Namun di Indonesia macadamia, dapat berbuah sepanjang tahun.

“Di Indonesia karena iklimnya bagus, sinar matahari ada sepanjang hari, dan curah hujan cukup tinggi, maka dapat berbuah sepanjang tahun. Namun untuk kali pertama setelah penanaman, kita bisa menunggu hingga emoat tahun mendatang,” paparnya.

Yang tidak kalah pentingnya, Macadamia dan Alpukat memiliki nilai ekonomi sangat tinggi. Macadamia dalam satu pohon di umur produktif, bisa menghasilkan biji kacang macadamia sebanyak 20 sampai 25 kg –kacang yang masih ada tempurungnya itu harga jualnya mencapai Rp60.000/kg.

Jadi dalam satu pohon bisa menghasilkan uang sebesar 1,2 juta rupiah sampai 1,5 juta rupiah,” sambungnya.

Kalau dalam satu hektar ditanami sebanyak 400 pohon macadamia, jelas Mintarjo, berarti dalam satu hektar lahan bisa menghasilkan uang Rp400 juta hingga Rp800 juta/ha/tahun.

Hal ini tentunya lebih baik dari penghasilan bila petani menanam sayuran. “Kalau bapak-ibu menamam sayur-sayuran, dalam 1 hektar dapat panen dalam setahun dapat tiga kali dengan penghasilan sekitar 180 juta/tahun. Tetapi biayanya relatif tinggi juga, baik untuk tenaga, pupuk obat tanaman,” terangnya.

Selain itu, tanaman Macadamia dan Alpukat dipupuk setahun sekali dengan pupuk organik (kandang atau kompos), tetapi kalau sayur mayur pasti membutuhkan pestisida (Organik/ non organik), sehingga terjadi pencemaran lingkungan.

Sedangkan dari sisi lingkungan, dengan menanam sayuran berarti kita semakin menambah keterbukaan lahan, dan kerapkali diolah dengan kemeringan relatif ekstrim, berarti bisa dibayangkan resiko erosinya sangat besar. Sehingga cukup wajar Sungai Cimanuk sangat cepat terjadi pendangkalan.

Tapi ketika tanam macadamia atau alpukat, tajuk atau rimbun daun dari macadamia atau alpukat, akan rindang sepanjang tahun. Selain itu, tajuk dapat memecahkan energi hujan, menutupi permukaan tanah dari gempuran curah hujan, sehingga pelan-pelan air hujan dapat masuk ke dalam tanah. Dengan demikian longsor bisa dicegah, erosi bisa dikendalikan.

“Bila lahan-lahan kritis di Garut sudah ditanami macadamia. Mudah-mudahan tahun ini di Garut tidak terjadi lagi bencana alam banjir dan tanah longsor, seperti yang terjadi pada tahun 2016 lalu,” diharapkan Mintarjo.

Oleh karena itu, ia mengajak untuk bersama-sama melakukan perubahan dengan budidaya pertanian berkelanjutan dengan pola ramah lingkungan yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar.

Sementara itu, Kepala BPDASHL Cimanuk-Citanduy, Ir. Rukma Dayadi, M.Si didampingi Kasi RHL BPDASHL Cimanuk Citanduy, Eman Suherman, menjelaskan pelaksanaan Launching Penanaman Pohon Macadamia di Desa Sukakarya Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut melibatkan kelompok tani inti sebanyak 20 orang.
“Selanjutnya akan dikembangkan pada areal terdampak seperti di lokasi percontohan ini, sehingga diharapkan pada masa mendatang, hal-hal yang baik pada penanaman macadamia, termasuk usaha perikanan maupun ternak, bisa dikembangkan di tempat lain atau di desa-desa lain di seluruh Kecamatan Samarang,” urainya.

Rukma juga mengatakan BPDASHL Cimanuk-Citanduy sudah membuat peta tebaran bibit macadamia, yang paling utama di Kab Garut, Sumedang, Majalengka dan Tasikmalaya.

Dikatakannya, khusus untuk di Kecamatan Samarang Garut, BPDASHL Cimanuk-Citanduy menciptakan Model Pelestarian Sumber Daya Alam, artinya masyarakat terlibat langsung dalam melestarikan alam dengan cara menanam tanaman tahunan macadamia disamping itu, masyarakat juga dapat menanam tanaman sebagai makanan ternak dan memperkuat teras, disamping ada teknik konservasi.

Sehingga pengelolaan lahan akan lebih intensif dalam arti berwawasan lingkungan dengan mengurangi laju erosi dan sedimentasi sungai-sungai terutama di hulu DAS Cimanuk ini. Mengingat, lanjutnya, karekteristik hulu sungai Cimanuk rawan longsor. Maka usaha tani berwawasan lingkungan berkelanjutan harus digalakkan terus, sehingga teknik konservasi menjadi utama.

“Artinya kalau membuka lahan mustinya harus memperkuat teras dan menambah perkuat teras-terasnya sehingga tidak terjadi longsor,” pungkas Rukma. (adv/sein).
×
Berita Terbaru Update