Dua Tahun Satgas Citarum Harum, Pangdam III/Slw Apresiasi Kemajuan Penanganan Sungai Citarum

BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan perjalan panjang dari waktu-ke waktu tak terasa kini sudah lebih dari dua tahun lebih penangan sungai Citarum yang dilakukan oleh Satgas Citarum Harum, sudah sangat tampak kemajuannya. Untuk itu patut diapresiasi.

” Kita bisa lihat semua dari waktu ke waktu, perkembangan proses perbaikan sungai Citarum sudah mencapai 25 persen,dan kita yakin di sisa waktu ini kita bisa menyelesaikan tugas ini dengan baik,” kata Pangdam III/ Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dalam acara silaturahmi Satgas Citarum Harum TA 2020 dengan Pegiat Lingkungan dan Awak Media, di Aula Makodam III Siliwangi jalan Aceh no 69 Bandung, Kamis (9/1-2020).

Acara silaturahmi tersebut, dihadiri Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Dwi Jati Utomo, Komandan Harian Satgas Citarum Dedi Kusnadi Thamin, Irdam III/Siliwangi, Asrendam III/Siliwangi para Staf Ahli Pangdam III/Siliwangi, Para Asisten Kasdam III/Siliwangi, para Kabalakdam III/Siliwangi. Selain itu juga hadir para Komandan Sektor Satgas Citarum Harum Kodam III/ Siliwangi, Dinas LH Jabar, Perhutani, BBWS Citarum.

Dikatakan, Satgas Citarum Harum dalam membenahi sungai Citarum berdasarkan amanat Perpres no 15 tahun 2018,tentang percepatan pengendalian, pemulihan, kerusakan daerah aliran sungai Citarum. Dimana Satgas Citarum.

“Satgas Citarum diberikan waktu selama 5 tahun atau sampai akhir tahun 2023 mendatang, untuk itu, saya menekankan kepada seluruh Satgas Citarum untuk bekerja lebih cepat, lebih giat dan lebik maksimal lagi, sehingga kita harapkan sebelum 5 tahun program Citarum Harum bisa rampung”, ujar Nugroho Budi Wiryanto yang juga selaku Wakil Dansatgas Citarum Harum bidang penanganan Pemulihan Ekosistem Citarum.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam III/Slw yang juga Wakil Dansatgas Citarum Harum ini mengajak seluruh elemen masyarakat, penggiat lingkungan, Stikeholder terkait, terutama masyarakat yang tinggal di bantaran sungai Citarum untuk bersama-sama bersinergi , bahu membahu dengan mengesampingkan ego masing-masing guna mendukung dan mensukseskan tugas Satgas Citarum Harum.

Nugroho menambahkan, bila sudah rampung, selanjutnya akan dilimpahkan kepada pemangku daerah untuk dipelihara dan dirawat atas apa yang sudah dikerjakan oleh Satgas Citarum Harum.

Adapun terkait dengan progres kemajuan Citarum Harum, Nugroho mengatakan, berdasarkan pementauan dan pengamatan dilapangan, saya menilai sudah cukup baik dan bila dipresentasekan sudah mencapai 25 persen. Sehingga masih ada 75 persen lagi yang harus kita kerjakan dan bereskan, dan kita optimis sebelum berakhir masa kerja Satgas Citarum sudah mencapai 100 persen, ujarnya penuh optimis.

“Mudah-mudahan dengan waktu yang ada ini kita bisa lebih meningkatkan lagi sehingga tidak perlu 5 tahun kita pakai semuanya apakah 3 tahun kita selesaikan sehingga kita semua bisa menikmati hingga anak cucu kita,” tegasnya.

Lebih lanjut, Wadansatgas Citarum Harum ini mengatakan, kegiatan Satgas Citarum Citarum selain melakukan pengerukan sedimentasi, pelebaran sungai Citarum pun terus dilakukan, juga memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembangan dan menjadikan sungai Citarum sebagai halaman depan rumah dan jaga local wisdom guna menyelamatkan Citarum.

Selain itu, hal yang cukup penting juga untuk meningkatkan kinerja, setiap bulan kita lakukan rapat evaluasi. Rapat evaluasi sangat penting untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan dan kekurangan yang harus diperbaiki.

“Nanti, dalam rapat evaluasi tidak hanya diikuti oleh Satgas Citarum Harum semata tetapi juga akan mengundang rekan-rekan dari Penggiat Lingkungan, LSM termasuk juga rekan-rekan wartawan, sehingga kita bisa menerima masukan dan saran” paparnya.

Pangdam III/Siliwangi juga mengingat kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, apalagi dimusim hujan saat ini, karena sampah dapat menghambat aliran air hujan dan menyebabkan banjir.

“Mari kita sama-sama menjaga kebersihan lingkungan”, ajaknya.

Sedangkan kepada para Satgas Citarum Harum, Pangdam meminta kepada seluruh Komandan dan anggota Satgas Citarum untuk lebih giat lagi dalam melakukan pegawasan dan juga edukasi kepada warga, pintanya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Ketua Harian Citarum Harum Mayjen TNI (Pur) Dedi Kusnadi Thamim menyampaikan, " kita berkumpul disini untuk memadukan untuk menguatkan, mensinergikan kekuatan kita masing-masing instansi maupun secara kedinasan juga perorangan untuk membangun Citarum Harum menjadi lebih baik lagi ".

Perjalan Program Citarum Harum kini sudah memasuki tahun ke 3, untuk itu mari kita melakukan kegiatan yang maksimal, program citarum harum yang didalamnya terdapat Satgas menjadi penekanan Gubernur sampai tahun 2023. Mari kita eratkan ikatan pekerjaan ini dengan sebaik-baiknya dan saya yakin tahun depan akan bisa lebih baik didalam penanganannya, " tandasnya. (husein/cuya).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.