Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Edukasi Wawasan Lingkungan, Dansektor 21 Tanam Pohon Bersama Anggota Pramuka

CIMAHI, faktabandungraya.com,--- Memberikan edukasi wawasan lingkungan, Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat bersama puluhan anggota Pramuka MAN (Madrasah Aliyah Negeri) Cimahi dan SMPN 2 Ngamprah melaksanakan penanaman bibit pohon di lahan Subsektor Pembibitan Sektor 21, Kota Cimahi, Sabtu (01/02/2020).

Dikatakan Kolonel Yusep, bahwa penanaman bersama anggota pramuka ini adalah penanaman pertama yang dilaksanakan oleh Satgas Sektor 21. Pasalnya, saat ini subsektor pembibitan yang berlokasi di Taman Kehati, kampung Cimenteng, Kelurahan Cipageran, Cimahi utara, belum rampung dikerjakan.

"Kita sedang membuat fasilitas untuk prajurit, seperti mushola dan barak serta lainnya. Selanjutnya kita akan mengadakan kegiatan penyemaian, pembibitan dan penanaman pohon-pohon keras disini. Nah, sekarang (penanaman) diawali oleh adik-adik (Pramuka) dari MAN Kota Cimahi dan SMPN 2 Ngamprah," jelas Dansektor 21.

Dirinya juga menyampaikan kepada anggota pramuka yang ikut giat penanaman, bahwa lebih baik menanam 10 hidup semua daripada menanam 1.000 mati semua.

"Kegiatan penanaman ini untuk memberikan manfaat kepada masyarakat dan memberikan contoh kepada para orang tua, untuk kita ajak menanam pohon," ujarnya.

Disini anak anak kita yang hadir, kata Yusep, ada sekitar 40 an orang, satu anggota menanam lebih dari dua sampai tiga batang bibit pohon.

"Kita berikan contoh contoh yang baik pada masyarakat kita, terlebih kawasan ini sudah masuk kawasan Bandung Utara (KBU). Air yang ada khususnya di wilayah Cimahi, salasatunya tergantung dari kondisi di kawasan ini," tandasnya.

Sementara, 2 perwakilan pihak sekolah melalui anggota pramuka mengaku bangga bisa dilibatkan dalam kegiatan penanaman bersama satgas citarum sektor 21.

Firda Wardani, volunteer Pramuka di SMPN 2 Ngamprah mengatakan bahwa pihaknya antusias dalam kegiatan penanaman ini, "alhamdulillah, kita hari ini mempunyai kesempatan buat menghijaukan lingkungan kita ini, insya allah kedepannya memberikan manfaat buat kita semua, khususnya buat masa depan anak-anak,” ujarnya.

Untuk itu, "sengaja anak-anak saya bawa ke tempat ini, saya ingin mengenalkan kepada anak-anak betapa indahnya alam kita. Tadi juga mereka menuliskan pesan dan kesan bahwa mereka senang sekali dibawa ke situasi seperti ini," ungkapnya.

"Ada 35 orang dari MAN Cimahi yang ikut kegiatan penanaman ini. Kita harapkan dari kegiatan ini anak-anak turut merasa memiliki pohon, sehingga ada rasa cinta kepada alam,” harap Ahmad Syarifudin, pembina Pramuka MAN Kota Cimahi. (Cuy)

Posting Komentar

0 Komentar