Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Dampak Covid-19, Sekretaris Demokrat Jabar : Himbau Pemkab Cianjur Segera Berikan Warga Sembako

Rabu, 08 April 2020 | 22:09 WIB Last Updated 2020-04-28T03:04:44Z
H. Wawan Setiawan (Sekretaris DPD Partai Demokrat Jabar)
CIANJUR, Faktabandungraya.com,--- Kebijakan Pemerintah memberlakukan pembatasan social guna memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19) khusus di Kabupaten Cainjur, tentunya berdampak terhadap aktifitas masyarakat, terutama bagi masyarakat yang bekerja harian yang terpaksa berdiam diri rumah. Sehingga akan kesulitan dalam memenuhin kebutuhan pokok sehar-hari.

Untuk itu, Kami menghimbau kepada Pemerintah Kabupaten Cianjur untuk segara memberikan bantuan kebutuhan pokok terutama bagi keluarga kurang/tidak mampu, karena mereka berdiam diri rumah dan tidak bekerja, sehingga tidak ada penghasilan.

“Akibat harus berdiam diri di rumah, banyak warga yang tidak mampu kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokoknya karena ketiadaan pendapatan. Mereka inilah yang harus dibantu apabila penanganan virus Corona ini ingin berhasil,” ujar Sekretaris DPD Partai Demokrat Jabar H. Wawan Setiawan. kepada wartawan di Cianjur, Rabu (8/4-2020).

Dikatakan, sebelum melakukan bantuan agar, tidak tumpang tindih dengan bantuan dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Jawa Barat, maka pendataan harus dilakukan dengan sangat teliti. Hal ini sangat penting, agar seluruh masyarakat Kabupaten Cianjur yang berdiam diri dirumah akibat dampak Covid-19, semua kebagian sembako untuk kebutuhan hidup.

Langkah pemerintah yang melakukan pembatasan sosial dengan mengharuskan warganya diam di rumah sangat tepat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Hanya saja, dampaknya sangatlah berat bagi warga yang bekerja harian dan tidak memiliki gaji bulanan seperti para pedagang kecil, pegawai informal, dan lainnya. Bila mereka tidak mencari nafkah karena harus tinggal di rumah, kebutuhan keluarganya tidak akan bisa terpenuhi.

“Mereka inilah yang harus dibantu pemerintah. Saya mengimbau Plt Bupati Cianjur untuk menugaskan jajarannya segera mendata warga terdampak Corona. Hitung dengan cermat warga miskin dan tidak mampu yang terdampak, lalu pilih dan pilah mana yang sudah dan akan mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi, sisanya dibantu oleh pemkab Cianjur,” kata mantan anggota DPRD Jabar dua periode ini.

Menurut perhitungannya, jika pemerintah pusat membantu warga miskin di Kabupaten Cianjur sebanyak 24 persen, dan pemerintah provinsi membantu sebanyak 40 persen, maka Pemkab Cianjur tinggal membantu 35 persen warga miskinnya. Sebagaimana diwartakan, besaran bantuan Pemerintah Provinsi Jabar adalah Rp 500.000 dengan rincian Rp 150.000 diberikan tunai dan sembaga senilai Rp 350.000.

“Pemkab Cianjur bisa saja mencontoh bantuan yang diberikan Pemprov Jabar baik besaran maupun modelnya,” kata Wawan yang tengah mempersiapkan diri karena diusung oleh Partai Demokrat untuk maju dalam Pilkada Cianjur 2020.

Jika Pemkab Cianjur memberikan bantuan sebesar Rp 500.000 bagi warga yang terdampak Corona, dan warga yang harus dibantu sebanyak 40.000-50.000 orang, maka dana yang harus dianggarkan sebesar Rp 25 miliar perbulan. Sesuai arahan pemerintah pusat, bantuan diberikan selama empat bulan, maka harus dialokasikan anggaran sebesar Rp 100 miliar.

Beli Lahan untuk makam

Sementara itu, terkait wacana Pemkab Cianjur untuk membeli lahan seluas 2 hektar, menurut Wawan, sebaiknya pemerintah Cianjur jangan dulu direalisasikan, karena warga saat ini lebih membutuhkan sambako untuk mempertahankan hidup.

“ Kan lebih penting memberikan sembako untuk masyarakat saat ini, dari pada beli lahan untuk pemakanan warga korban covid-19. Untuk jangan dululah, Kita justru harus berusaha supaya korban kembali sehat, bukannya yangmeninggal,” tegas Wawan.

Lebih lanjut Wawan mengatakan, penyediaan lahan seluas 2 hektar untuk makam korban justru bisa menimbulkan ketakutan di kalangan warga. Bila ketakutan muncul, secara psikis akan mengikis sistem imun badan manusia sehingga justru menyebabkan kerentanan daya tahan tubuh.

“Cukup beri bantuan pada warga miskin, cukupi kebutuhannya selama diam di rumah, jangan terlalu ditakut-takuti. Dana yang dialokasikan untuk beli lahan makan, alihan untuk bantuan selama penanganan Corona. Mudahan-mudahan di Kabupaten Cianjur tidak ada korban yang meninggal dunia akibat Covid-19,” harapnya. (rls/husein).
×
Berita Terbaru Update