Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

JBN Salurkan Donasi Kepada Warga Korban Longsor di Cimenyan Bandung

Senin, 04 Mei 2020 | 00:36 WIB Last Updated 2020-05-04T04:16:49Z
BANDUNG, faktabandungraya.com,--- Perwakilan Komunitas Jurnalis Bela Negara (JBN) salurkan bantuan kepada salahsatu warga terdampak longsor di Bojong Kacor RW 01, Kelurahan Cibeunying Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Minggu sore (3/5/2020).

Penyerahan diberikan langsung oleh Ketua JBN Raden M. Gun Gun, Sekjen JBN Mas Don, serta anggota JBN lainnya. Aksi solidaritas ini diberikan kepada Ajay dan keluarga karena atap rumahnya ambruk akibat hantaman longsor yang disebabkan guyuran hujan lebat pada Hari Jumat malam (1/5/2020).

"Katakanlah ini sumbangan spontan dari gabungan wartawan Bandung ini, semoga bermanfaat. Terpenting, janganlah dilihat jumlah atau nominalnya. Semua ini semata berbagi dari kami yang kebetulan sprofesi, demi meringankan beban keluarga Ajay," ungkap Gun. 

Bantuan berupa uang tunai sebesar 6 juta dan bingkisan sembako diperoleh dari penggalangan dana anggota WA Grup Jurnalis Bela Negara, yang diinisiasi secara spontan oleh Mas Don (SJO News.com).

Jumlah nominal tersebut terkumpul hanya dalam waktu beberapa jam, dan langsung diberikan kepada korban yang juga salahsatu anggota JBN, wartawan kabarmiliter.com.

“Kami sekeluarga mengucapkan banyak-banyak terima kasih dan hatur nuhun ke seluruh bapak dan ibu wartawan Bandung. Semoga segala kebaikan ini, mendapat balasan tak terbatas dari Tuhan YME, aamiin ya Robb,” ucap Rudi Hartono ayahanda Ajay.

Sebelumnya Ajay yang didampingi ibunya Ngadijah dan dua adiknya masing-masing Fajriati Aulia, dan Fauziah Ana Ramdhani, disela-sela masih berlangsung pembongkaran tanah longsoran di ruang tamu rumahnya, tampak terkejut sekaligus terharu merespon kedatangan rekan-rekan wartawan.

“Saya, saya tak menyangka Akang-akang hadir di rumah saya. Ini jauh dari perkiraan saya. Terima kasih sekali atas kunjungan dan bantuannya,” ungkapnya.

Penyerahan bantuan donasi ini juga disaksikan Lurah dan Perangkat Desa setempat. Lurah Cibeunying Kecamatan Cimenyan, Asep Rahayu, SH yang didampingi Babinsa Mulyana, serta Bhabinkamtibmas Yusep Rusyana, serta kelompok ‘Barkodji’ (Baroedak Kosong Hidji) semacam Karang Taruna setempat rekan dalit dari Ajay.

“Kami atas nama warga ‘Bojong Kacor’ Kelurahan Cibeunying, Kecamatan Cimenyan mengucapkan terima kasih atas perhatian group wartawan Bandung yang sungguh amat tanggap, memberikan bantuan kepada salah satu warga kami keluarga Pak Rudi Hartono ayah dari Ajay,” sambut Lurah Cibeunying.


Secara bergantian Lurah, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas menjelaskan kondisi lingkungan yang rentan bencana longsor. Diakui oleh ketiganya bahwa area Kelurahan Cibeunying yang luasnya sekitar 400 ha dengan komposisi terdiri atas 27 RW dan 137 RT, dengan jumlah penduduk sekitar 29.000 jiwa termasuk pemukiman yang rentan bencana alam.


“Daerah kami ini diapit dua sungai dengan kontur berbukit-bukit, dan banyaknya pemukiman berada di kemiringan. Kami akui, ini memang rawan bencana. Namun, bagaimana lagi paling-paling setiap musim hujan utamanya kita memberikan perhatian khusus ke warga,” jelas Asep Rahayu yang diamini rekannya dari pihak Kepolisian dan Koramil setempat.

Sementara, Mas Don selaku inisiator penggalangan donasi yang juga Sekjen JBN mengucapkan banyak terimakasih atas partisipasi dan sikap solidaritas dari teman-teman yang tergabung dalam WAG JBN, baik wartawan maupun anggota dari profesi lain.

"Kami disini hanya menyalurkan amanah dari rekan semua yang menyisihkan rejekinya. Semoga ini menjadi amal dan perbuatan baik bagi kita semua," ujarnya. (Cuy/HS)
×
Berita Terbaru Update