Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Anggota Komisi I, Arif Hamid R : Moratorium Dicabut, Tiga DOB di Jabar Sudah Siap Berdiri

Senin, 10 Agustus 2020 | 13:21 WIB Last Updated 2020-08-10T08:18:19Z
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, H. Arif Hamid Rahman, SH mengatakan, beberapa hari lalu, Komisi I menggelar rapat kerja bersama Biro Pemerintahan dan Kerjasama Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat membahas Persetujuan Bersama Pembentukan Calon Daerah Persiapan Otonom Baru (DOB).

Dalam rapat yang dipimpin oleh Ketua Komisi I Bedi Budiman, berlangsung di Ruang Badan Musyarawah DPRD Jabar, jalan Diponegoro No 27 Bandung. Dihadiri juga beberapa anggota Komisi I, baik hadir secara langsung maupun hadir melalui dihadiri secara virtual/ meeting zoom.

Menurut Arif Hamid, dalam rapat tersebut, membahas langkah-langkah yang harus dipersiapkan secara matang dengan mempertimbangkan, diantaranya kebutuhan infrastuktur, Invenstarisasi aset, dan dana hibah dari daerah induk untuk menunjang operasional pembentukan calon daerah otonom baru.

Dalam rapat tersebut, terungkap ada usulan sebanyak 13 Daerah Otomnom Baru (DOB), namun tentunya tidak dapat dilakukan secara serentak tetapi secara bertahap. Untuk Tahap I, disepakati ada 3 untuk calon DOB yaitu DOB Garut Selatan; DOB Sukabumi Utara dan DOB Bogor Barat.

Demikian dikatakan, Arif Hamid Rahman kepada wartawan saat dihubungi melalui telepon selulernya, Senin (10/8-2020).

Saat ditanya terkait belum dicabutnya moratorium untuk pemekeran/ DOB oleh Pemerintah Pusat (Presiden-red), Arif Hamid mengatakan, memang sampai saat ini moratorium DOB belum di cabut oleh Pemerintah Pusat. Untuk itulah, sambil menunggu dicabutnya moratorium DOB, kita persiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan pembentukan DOB.

Hal ini, sesuai arahan dari Pusat ketika Komisi I DPRD Jabar ke Jakarta menemui Pemerintah Pusat (Kemendag RI) maupun DPR RI, saat berkonsultasi dan berkoordinasi beberapa waktu lalu, ujarnya.

“ Jadi ketika moratorium DOB di cabut Pemerintah Pusat, semua sudah siap berdiri dan tinggal dilaksanakan”, tujarnya.

Kenapa, tiga calon DOB (Garut Selatan, Sukabumi Uatara dan Bogor Barat) tersebut, masuk tahap I, menurut, Arif Hamid, bahwa ketiga calon DOB tersebut, pembahasan ditingkat Kabupaten dan provinsi Jabar sudah beres, dan sudah juga dibahas ditingkat DPR RI bersama Pemerintah Pusat (Kemendag RI). Bahkan undang-undang otomoni baru untuk ke tiga daerah tersebut, sudah siap, tinggal menunggu pengesahannya saja, tandasnya. (husein).
×
Berita Terbaru Update