Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Iis Turniasih : Kemantapan Jalan Mendukung Kelancaran Transportasi Perekonomian

Rombongan Komisi IV DPRD Jabar saat meninjau kondisi kemantapan jalan provinsi (foto:istimewah)
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Anggota Komisi IV  DPRD  Provinsi Jawa Barat Hj. Iis Turnisih dari Fraksi PDIPerjuangan  mengatakan, DPRD Jabar terus mendorong pemerintah provinsi dan Kabupaten/kota di Jabar termasuk pemerintah pusat untuk bersama-sama memelihara dan menjaga kemantapan jalan. Selain itu, konektivitas  antara jalan Nasional, Provinsi dan Kabupaten/kota hingga jalan wilayah (Kecamatan/desa), satu sama lain harus terkonektivitas dengan baik.

Menurut Hj. Iis Turniasih, konektivitas dan kemantapan jalan sangat mendukung kelancaran perputaran rodan perekonomian daerah dan masyarakat.  Dimana, hasil pertanian dan perkebunan dari desa-desa di Jabar dapat diangkut ke berbagai wilayah di Jabar dan ke Jakarta dalam memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakat Jabar maupun Nasional.

Dalam setiap tahun  pembahasan anggaran baik murni maupun  perubahan APBD,  Komisi IV bersama Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Jabar yang bertanggungjawab atas sektor infrastruktur jalan, terus mendorong agar seluruh jalan provinsi tetap terjada kemantapannya dan jalan yang belum mantap kita alokasikan anggarannya.

Namun, kita juga mendorong agar jalan yang menjadi kewengan kabupaten/ kota kita juga dorong melalui program bantuan keuangan provinsi kepada Kabupaten/kota. Hal ini,  dmi menunjang kelancaran roda perekonomian dari desa ke kota dan daerah lainnya, ujar politisi perempuan PDIP Jabar ini, kepada media, Kamis, (10/12-2020).  

Saat ditanya apakan kondisi kemantapan jalan provinsi di Jabar tingkat kemantapannya sudah merata ?.    Sepengatahuan saya, setalah melakukan peninjuan kelapangnan  bersama rombongan Komisi IV, jalan yang menjadi kewenangan provinsi  belum merata.

Untuk ruas jalan provinsi, yang berada di wilayah Jabar Tengah dan Jabar Utara (Pantura) tingkat kepantapannya sudah cukup tinggi, tetapi jalan di wilayah Jabar Selatan masih cukup rendah.

Untuk itu, terkait dengan kondisi jalan di wilayah Jabar Selatan yang masih cukup rendah tersebut, tentunya menjadi PR bersama antara DPRD Jabar dengan Pemprov Jabar.  Untuk itu, agar tidak terjadi ketimpangan antara jalan tengah dan pantura di jabar, maka DPRD Jabar dalam setiap pembahasan penyusunan anggaran infrastruktur jalan, kita selalu minta Dinas BMPR dan TPAD Jabar  agar mengalokasikan anggaran untuk pembangunan dan peningkatan jalan-jalan provinsi di wilayah Jabar Selatan, katanya.

 Hj. Iis Turniasih anggota Komisi IV DPRD jabar ( foto: istimewah)

Lebih lanjut Hj Iis yang dari dapil Jabar X ( Karawang-Purwakarta ) ini mengatakan, adapun terkait jalan Nasional yang ada di wilayah provinsi Jabar, Ia meminta kepada Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) termasuk juga para Kontraktor selaku pihak ketiga yang mengerjakan proyek pembangunan jalan Nasional, hendaknya memperhatiakan kualitas jalan yang dibangunnya.

Selain itu, DPRD Jabar melalui Komisi IV juga akan mendorong, pemerintah pusat untuk dapat secepatnya menyelesaikan pembangunan Tol Cisumdawu. Bahkan kita juga sudah koordinasi dan konsultasi ke Kementrian PUPR terkait rencana pembangunan Tol Cigatas (Cileunyi-Garut dan Tasikmalaya hingga perbatasan Jateng (Cilacap).

“Kita dorong juga agar pembangunan Tol Cigatas pekerjaannya dipercepat”, harapnya.

Dikatakan, pembangunan jalan Tol Cigatas harus menjadi prioritas, untuk memperlancar dan mempercepatan pergerakan orang dan barang serta pertumbuhan perekonomian masyarakat di wilayah Jabar Selatan, tandasnya. (adikarya/husein).

Posting Komentar

0 Komentar