Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Hingga Akhir Tahun 2020, Satgas Citarum Sektor 21 Klaim Angkat Sampah Sungai Sebanyak 105 Ribu Ton


BANDUNG, faktabandungraya.com,--- Program pengendalian pencemaran dan kerusakan DAS Citarum hampir genap tiga tahun berjalan. Satgas Citarum dari unsur TNI AD di bawah Kodam III Siliwangi yang terbagi dalam 23 Sektor terus berupaya merevitalisasi ekosistem DAS Citarum.


Salahsatunya Sektor 21 Satgas Citarum yang dikomandoi Komandan Sektor Kol Inf Yusep Sudrajat, membawahi 18 Subsektor dan bertanggung jawab merevitalisasi anak cucu sungai Citarum mencakup Tiga wilayah Kabupaten Kota (Cimahi, Kabupaten Bandung dan Sumedang).

Sesuai tugas pokok dan fungsi satgas citarum dari unsur TNI yakni mengemban amanah mengembalikan ekosistem DAS Citarum, Satgas Citarum Sektor 21 mengklaim hingga akhir tahun 2020 telah mengangkat sampah di aliran dan bantaran sungai sebanyak hampir 105 ribu Ton.

Secara terperinci, melalui laporan yang ditulis oleh Satgas Citarum Sektor 21 Per Tanggal 31 Desember 2020 mencatat pengangkatan sampah sebanyak 104.999.130 Kilogram. Jumlah ini setelah ditambah dengan hasil akumulasi pelaksanaan karya bakti sungai rutin sebanyak 4,5 Ton sampah dari 18 Subsektor.

Sementara, untuk pengangkatan sedimentasi sungai, sebagai salahsatu upaya revitalisasi sungai. Satgas Sektor 21 mencatat sebanyak 98.621 M³.

Pengangkatan sampah dan pengerukan sedimentasi sungai merupakan bagian dari berbagai persoalan DAS Citarum. Mulai dari limbah rumah tangga (domestik), lahan kritis, bangunan liar dan limbah industri. (Cuy)

Posting Komentar

0 Komentar