Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Kongres IGI ke III; Danang Hidayatullah Terpilih Menjadi Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia Periode 2021-2026

Danang Hidayatullah (Ketua Umum IGI Terpilih masa bakti 2021-2026 ( foto :istimewa)
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Pemilihan Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) untuk masa bakti 2021-2026 yang berlangsung dalam Kongres IGI ke III di Bandung, berjalan cukup alot. Bahkan jalan musyawarah mupakat untuk menentukan siapa Ketua Umum, tidak ada titik temu, akhirnya terpaksa dilakukan melalui voting.

Dalam kongres IGI ke III kali ini diikuti sebanyak lima kandidat Ketua Umum yaitu Danang Hidayatullah dari DKI Jakarta; Khairudin   dari NAD (Aceh) ; Gusti Surian dari Banjar Kalimantan Selatan ; Marjuki dari Jawa timur dan Jasmin dari Sulawesi Tenggara.

Kongres IGI ke III yang dilaksanakan di Gedung P4TK-IPA jalan Diponegoro No 12 Bandung, diikuti secara virtual dari seluruh pengurus wilayah (34 provinsi) dan 500 peserta dari pengurus daerah (Kab/kota se-Indonesia), dengan total peserta mencapai 800 orang.  Namun, pada saat dilakukan pemilihan Ketum secara voting diikuti sebanyak 720 peserta, Minggu (31/01-2021).

Berdasarkan hasil voting yang dilakukan secara virtual,  Danang Hidayatullah memperoleh suara sebanyak  219 suara; Khairudin meraih 182 suara;  Gusti Surian memperoleh 181 suara; Marjuki memperoleh 137 suara dan Jasmin memperoleh 1 suara. Sehingga suara yang masuk dan sah totalnya 720 suara.

Dengan memperoleh suara terbanyak maka Danang Hidayatullah  ditetapkan sebagai Ketua Umum terpilih IGI untuk masa bakti 2021-2026 oleh  Presidium Kongres III IGI, dengan nomor ketetapan :   11/K-3/X/202.

Usai dibacakan surat ketetapan selanjutnya surat ketetapan tersebut diserahkan ke Danang Hidayatullah dan juga penyerahan Pataka IGI dari  oleh Presidium Kongres IGI ke III.

Dalam sambutannya, Danang Hidayatullah menyampaikan rasa syukur yang mendalam atas amanah yang dipercayakan kepadanya untuk bertanggungjawab dalam menjalankan dan membesarkan roda organisasi Ikatan Guru Indonesia (IGI) lima tahun kedepan.

“ Sebagai Ketua Umum terpilih, Danang mengajak keluarga besar IGI untuk bersama-sama bercermin, untuk memperbaiki diri ke masa yang akan datang.  Untuk itu, saya tidak bergerak sendiri, jalan sendiri, maka mari kita harus bersama dengan motto “ To Gathernes,   Trust dan Support”, salaing percaya dan saling mendukung , in sya Allah, Allah akan menunjakan jalan buat kita, IGI kembali ke tihta.

Kedepan kita akan banyak melakukan diskusi, melahirkan pemikiran yang penuh inovasi demi kemajuan dunia pendidikan Indonesia”, ujarnya.

Kongres IGI ke III, sudah berakhir, saya selaku Ketua umum terpilih sudah berjanji akan merangkul semua pihak, tanpa terkecuali, dari Aceh hingga Papua.

Danang Hidayatullah (Ketum IGI Terplilih, pakai jaket Biru lengan putih) 

Untuk itu dalam penyusunan Kepengurusan PP IGI Periode 2021-2026, mari kita susun bersama agar dapat menghasilkan kepengurusan yang Adaftif, Inovatif, Progresif agar IGI kedepan bisa lebih baik dan bermartabat, ujarnya.   

Danang juga menyampaikan doa semoga amanat yang diberikan mendapat pertolongan dan bimbingan dari Allah..

Hapuskan keburukan massa lalu, lahirkan kebaikan yang baru, kikiskan selisih pandang, luruskan yang seimbang, mari kita menatap masa depan untuk bersama-sama memajukan organisasi profesi guru (IGI) yang kita cintai bersama-sama ini, ajaknya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina IGI Jabar Syamsul Bachri yang juga pendiri IGI  menyampaikan, ucapkan selamat kepada Danang Hidayatullah  selaku Ketua Umum IGI terplih.

Amanat yang sangat berat, memimpin organiasi IGI harus bekerja dengan hati (lillahitaallah), ujarnya.

Daikatakan Syamsul, dalam pemilihan Ketum IGI kali sudah dilakukan dengan jalan musyawarah mupakat sebanyak tiga putaran, tetapi belum juga ada titik temu, maka harus dilakukan dengan jalan voting dalam menentukan pilihan yang dilakukan secara virtual.

Syamsul Bachri  ( Ketua Dewan Pembina IGI Jabaryg juga pendiri IGI/ baju putih)

Untuk memastikan agar pemilihan Ketuam berjalan lancar tanpa ada permainan, maka saya membentuk Tim Idipenden yang didalamnya ada Dewan Pendidikan Jabar,  dan juga saya menucapkan terima kasih kepada seluruh panitia Kongres yang telah berupaya mensukseskan jalannya Kongres IGI ini.

Sebagai tuan rumah, saya atas nama Ketua Dewan Pembina IGI Jabar mengucapkan terima kasih atas semua pihak, peserta dan panitia, hingga Kongres ini berjalan lancar dan sukses.  IGI lahir dari kita, untuk kita demi kemajuan dunia pendidikan dan sumber daya manuasi Indonesia handal, tandas Syamsul.   

Bambang Haryono  selaku  Dewan Pembina IGI Jabar mengatakan, dengan terpilih Danang Hidayatullah sebagai Ketua Umum IGI,  tentunya, seluruh anggota IGI yang tersebar di seluruh provinsi dan Kabupaten/Kota, harus siap bersama-sama untuk menjalankan dan membesarkan  organiasi IGI sebagaimana yang telah diputusakan dalam Kongres IGI ke III ini.

Dimata Bambang, Danang merupakan sosok melinial yang diharapkan mampu mewujudkan apa yang telah dipaparkannya dalam visi-misi sebagai calon Ketua. Selain itu, kita juga berharap, ada beberapa program inovasi dalam memajukan dan mengedukasi para guru, tenaga didik dan kependidikan, untuk kemajuan dunia pendidikan di Indonesia.

Dapat meningkatkan mutu pendidikan, dapat  melahirkan generasi yang cerdas,   beriman, beretika.serta berdaya saing dalam menghadapi persaingan dunia kerja secara Global, harap Bambang. (husein).