Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

HUT ke 48 PDIP, Memo Bersama DPC PDIP Garut Tanam Pohon di Lahan Kritis Gunung Cikuray dan DAS Cimanuk

Anggota DPRD Jabar, H. Memo Hermawan menyerahkan bibit pohon secara simbolis,
sebagai aksi penanaman pohon dalam rangka HUT PDIP ke 48 di Kabuapten Garut. (foto:istimewa).
  
GARUT, Faktabandungraya.com,---  Rangkain peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 48 dan  Hari Ulang Tahun Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ke 74, DPC PDIP Kabupaten Garut melakukan aksi tanam pohon/ penghijauan di lahan kritis di kaki gunung Cikuray dan Daerah Aliran Sungai (DAS) Cimanuk Perbatasan Kecamatan Cigedug – Kecamatan Cisurupan, Kabupatén Garut Jawa Barat.

Menurut Wakil Ketua DPD PDIP Jabar, H. Memo Hermawan yang juga Ketua Fraksi PDIP DPRD Jabar, pada HUT ke-48 PDI Perjuangan tahun ini dengan mengangkat tema “Mewujudkan Indonesia Berkepribadian Dalam Kebudayaan”. Tema HUT PDI Perjuangan tersebut dilandasi atas hukum positif yang menjamin keberlangsungan kemajuan ekonomi, kesusilaan, kebudayaan dan pemerintahan yang berjalan diatas kebajikan.

Aksi menanam pohon, yang dilakukan oleh DPD PDI Jabar bersama dengan DPC PDIP Gaurt pada akhir bulan Januari lalu, dengan tujuan agar Kita menjadi pribadi yang ramah lingkungan dan nyata dalam tindakan mengembalikan fungsi das (daerah aliran sungai) dan menagatasi lahan kritis-lahan kritis di kaki gunung Cikuray Garut.

Selain itu, bertujuan untuk membangun rasa cinta kepada alam dan lingkungan, karena setiap manusia tidak hanya harus membangun hubungan baik antar sesama manusia tetapi juga harus bertanggungjawab terhadap lingkungan disekitarnya, ujar mantan Wakil Bupati Garut ini saat dihubungi melalui telepon selulernya, Sabtu(6/2-2021).

Kegiatan yang diselenggarakan DPC PDI Perjuangan Kab.Garut sebagai rasa gotong royong dengan menanam bibit pohon keras langsung di buka Wakil Ketua DPD PDIP Jabar H.Memo Hermawan yang Ketua Fraksi PDIP PDRD Jabar Memo Hermawan didampingi Ketua DPD PDIP Garut Yudha Puja Turnawan.

Turut hadir juga Anggota DPRD Garut Fraksi PDIP Juju Hartati, Dudeh , Baguna Jawa Barat, Camat Cigedug, Camat Cisurupan, Kapolsek Bayongbong, Danramil, Komunitas Tapak Gerot dan jajaran DPC PDI P Garut.

Pengurus DPC PDIP Kab Garut bersama TNI-Polri dan masayrakat peduli lingkungan melakukan
 penanaman pohon di kaki gunung Cikuray dan Bantaran DAS Cimanuk (foto:istimewa)
Sementara itu, ditempat terpisah Ketua DPC PDIP Garut Yudha Puja Turnawan mengatakan, aksi penanam  ribuan pohon  di Gunung Cikuray dan DAS Cimanuk yang dilakukan pengurus DPC dan jajaran merupakan bentuk kecintaan kepada alam dalam rangkaian HUT PDIP ke 48 dan Ulta Ketua Umum PDIP Megawati ke-74.  

” Ya, kita beberapa hari lalu, telah melakukan aksi penanaman pohon di bantaran Sungai Cimanuk dan juga di blok 5 diatas lereng di kampung Tiga puluhan Desa Sukahurip, Kecamatan Cigedug. Sebanyak 800 bibit pohon keras, karena disana itu ada hamparan yang lahan kritis yang gundul akibat dulunya ada penanaman liar dan adanya mata air,” ungkapnya.

Lahan kritis di wilayah Garut ini, cukup luas, sehingga memang harus ada upaya serius dari pemerintah daerah, pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat untuk merehabilitasi lingkungan maupun pemulihan  lingkungan.

” Maka dari itu kita ikut ambil bagian, juga di samping itu kita siap juga bersinergi dengan pemerintahan daerah dalam upaya rehabilitasi lahan kritis atau upaya pemulihan lingkungan,” jelasnya.

Lebih jauh Yudha Menyampaikan, insyaallah nanti kedepan ada bantuan dari DPRD Provinsi dari DPD PDIP Jawa Barat, bantuan tanaman tegakkan yang lebih tinggi untuk ditanam juga.

” Jadi kegiatan kita tidak hari ini saja, tapi ke depannya kita berkomitmen dalam upaya rehabilitasi lahan-lahan kritis dan kerusakan kondisi lingkungan, tandasnya. (adikarya/husein).