Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Pasca Banjir Karawang, Iis Turniasih Minta Pemerintah Segera Memperbaiki Kerusakan Infrastruktur

TNI membantu warga bersih-bersih sampah pasca banjir bandang Karawang ( foto:istimewa)
KARAWANG, Faktabandungraya.com,--- Pasca  banjir bandang yang melanda Kabupaten Karawang beberapa waktu lalu, telah merusak infrastruktur jalan,  jaringan irigasi dan fasilitas umum.  Untuk itu,  anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Hj.Iis Turniasih dari Fraksi PDI Perjuangan, minta Pemerintah Provinsi Jabar dan Pemerintah Kabupaten Karawang, untuk mendata, memetakan dan segera menangani kerusakan infrastruktur jalan dan jaringan irigasi, fasilitas umum.

Menurut Hj.Iis Turniasih, banjir bandang Karawang kemarin jauh lebih
meluas dari tahun-tahun sebelumnya bahkan ada sekitar 15 wilayah kecamatan terkena dan terendam banjir.  Hal ini tentunya berdamapk tingkat kerusakan infrastruktur jalan, jaringan irigadidan fasilitas umum jauh lebih banyak.  Untuk itu, harus segera didata dan petakan, dan diklasifikasi tingkat kerusakannya, mulai dari kerusakan ringan, sedang dan berat.

Pendataan dan pemetaan ini sangat penting, dalam upaya untuk dilakukan perbaikan, sehingga dikatahui hal-hal mana saja yang harus segera dilakukan perbaikan, ujar Hj.Iis Turniasih, anggota DPRD Jabar Fraksi PDI Perjuangan dari Dapil Jabar X (Kabupaten Karawang-Purwakarta) ini.

Dikatakan, di wilayah Kabupaten Karawang ini, fasilitas dan kewenangan Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten, baik itu berupa infrastruktur jalan, Irigasi maupun fasilitas umum.

Untuk mengetahui, mana saja fasilitas yang menjadi kewengan pusat, provinsi dan Kabupaten tentunya dari data dan pemetaan.  Yang menjadi kewenangan Pusat, harus segera berkoordinasi dengan pemerintah Pusat.  Dan yang menjadi kewenangan Kabupaten Karawang tentunya harus ditangani oleh Pemkab Karawang.

Sedang yang menjadi Kewenangan Provinsi Jabar, tentunya kita akan bahas bersama Pemprov Jabar melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Hal ini penting, agar aktifitas masyarakat dapat berjalan normal kembali sebelum terjadi banjir bandang, kata legislator Jabar ini.

Namun,  politisi perempuan PDIP Jabar ini juga mengingatkan dalam pembenahan dan perbaikan kerusakan akibat dampak banjir bandang Karawang,  tentunya tidak hanya sebatas perbaikan jangka pendek semata, tetapi ada perbaikan jangka menengah dan jangka panjang. Serta upaya pencegahan jangan sampai terulang kembali banjir bandung di wilayah Karawang ini.

Personil  Karawang bersama warga bersih-bersih fasilitas umum (masjid) pasca banjir bandang
(foto:istimewa)

Saat ditanya, seberapa besar tingkat kerusakan infrastruktur jalan dan jaringan irigasi serta fasilitas umum milik aset/ kewenangan Provinsi Jabar ?.....

“ Saya belum dapat datanya pastinya, baik dari Pemkab Karawang maupun Pemprov Jabar, tetapi bila melihat cukup luasnya banjir yang melanda wilayah Karawang, tentunya cukup besar dan banyak yang rusak”, ujar Iis Turniasih yang kini duduk di Komisi IV DPRD Jabar ini.

Untuk infrastruktur jalan, khususnya status jalan provinsi yang telah  terendam, dapat dipastikan akan mengalami kerusakan, tetapi seberapa besar tingkat kerusakannya, kita belum dapat data dari Dinas BMPR Jabar.

Sedangkan terkait, kerusakan Irigasi, tentunya jauh lebih parah dari infrastruktur jalan. Kerusakan Jaringan Irigasi kalau tidak cepat ditangani tentunya dapat mengganggu ketahanan pangan. Karena Karawang merupakan lumbung padi Jabar dan peyumbang terbesar  kebutuhan pangan nasional, ujarnya.

Iis Turniasih juga menyoroti kondisi drainase dalam kota Karawang yang lebarnya hanya sekitar 40 centimeter sudah tidak relevan, dan harus diperlebar, sehingga bila terjadi hujan deras jaringan drainase dapat mengurai agar air tidak meluap dan menggenang, tandasnya. (adikarya/husein).

 

 

Posting Komentar

0 Komentar