Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Fraksi PDIP DPRD Jabar Dukung Penuh DOB Garsel dan Gatra

Peta Wilayah Kabupaten Garut  (foto;istimewa).  
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Barat, mendukung adanya keinginan masyarakat yang ingin membentuk Daerah Otonomi Baru (DOB) untuk mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk DOB Garut Selatan (Garsel) dan Garut Utara (Gatra) yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Garut.

Kabupaten Garut memiliki luas wilayah administratif sebesar 306.519 Ha (3.065,19 km²) dengan jumlah kecamatan ada 42 kecamatan.  Nanti yang akan masuk wilayah DOB Garsel ada 15 Kecamatan dan yang masuk DOB Gatra ada 11 Kecamatan.

Untuk DOB Garut Selatan, tinggal menunggu dicabutnya moratorium oleh pemerintah Pusat, setelah itu, DPR RI dapat melakukan sidang paripurna pengesahan Undang-undang Otomoni saja, karena semua tahapan sudah beres dan lengkap.

Sementara untuk Calon Daerah Persiapan Otonom Baru (CDPOB) atau DOB Garut Utara, masih dalam tahap pembahasan di tingkat Kabupaten Garut, setelah itu Pemkab Garut dan DPRD Garut menyampaikan rekomendasi ke Pemprov Jabar dan DPRD Jabar.  Setelah rekomendasi kita ( DPRD Jabar) dan Pemprov Jabar terima, barulah nanti akan ditindak lanjuti dan dibahas bersama ditingkat Jabar.

Demikian dikatakan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jabar, H. Memo Hermawan saat dihubungi melalui telepon selulernya, terkait pemekaran Kabupaten Garut menjadi tiga daerah otonomi yaitu Kab. Garut (kabupaten Induk), DOB Kabupaten Garut Selatan dan DOB Garut Utara, Senin (21/6-2021).

Dikatakan, untuk DOB Gatra, kami (DPRD Jabar-red) mendorong sekali agar Pemkab dan DPRD Garut untuk segera melengkapi persyaratan dan secepatnya memberikan rekomendasi persetujuan CDPOB Garut Utara.

“Kami dari Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jabar dan juga seluruh Fraksi DPRD Jabar juga mendukung adanya pemekaran daerah, karena saat ini Provinsi Jabar baru memiliki 27 kota dan kabupaten yang jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan Provinsi Jateng yang sudah 35 Kabuapten/kota dan Provinsi Jatim sudah 38 Kabupaten/kota”, ujar wakil Bupati Garut periode 2004-2009 ini.

H.Memo Hermawan, Ketua Fraksi PDIP DPRD Jabar
 (foto:istimewa)

Ia pun menilai, sudah seharusnya Jabar menambah DOB kabupaten atau kota agar bisa menyerap anggaran dari pemerintah pusat yang akhirnya pembangunan daerah lebih cepat. Makanya, Kami mendukung adanya pemekaran,” ucap Memo yang berasal dari Dapil 14 Kabupaten Garut tersebut.

Lebih lanjut Kang Memo—sapaan--- Memo Hermawan mengatakan,  rencana pembentukan CDPOB/ DOB yaitu Kabupaten Indramayu Barat, Tasikmalaya Selatan, dan Garut Utara.Sudah disetujui dan sudah masuk agenda DPRD Jabar.

Terkait perkembangan DOB daerah lain yang sudah diusulkan ke pemerintah pusat seperti Garut Selatan, Bogor Barat, Cianjur Selatan, lanjut Kang Memo, hingga saat ini masih menunggu putusan pemerintah pusat untuk pengesahan undang-undang DOB daerah tersebut.

Menurutnya, untuk DOB Garut Selatan, tinggal ketuk palu karena sudah masuk dan dibahas.

“Ada 22 DOB kabupaten seluruh Indonesia termasuk Garut Selatan yang masih menunggu diputuskan pemerintah pusat untuk ditetapkan sebagai DOB,” tandasnya. (adikarya/husein).