Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Hasbullah : Terminal Tipe B Sudah Clean and Clear, Baru Direvitalisasi

Rabu, 23 Juni 2021 | 15:51 WIB Last Updated 2021-06-23T08:51:27Z

M.Hasbullah Rahmat, SPd, M.Hum ( anggota Komisi IV DPRD Jabar dari Fraksi PAN),(foto:husein).

BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Anggota Komisi IV DPD Jawa Barat M. Hasbullah Rahmat, S.Pd, M.Hum, mengatakan ada sebanyak 14 terminal Tipe B tersebar dibeberapa Kabupaten/kota di Jabar  dibawah kewenangan pemerintah provinsi Jabar dalam pengelolaannya menjadi tanggungjawab Dinas Perhubungan Jabar.

Ke-14 terminal tipe B tersebut merupakan alih  kelola dari Kabupaten/kota ke Provinsi, berdasarkan regulasi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Undang-Undang tersebut mengamanatkan bahwa terminal Tipe A menjadi kewenangan pemerintah pusat, terminal Tipe B menjadi kewenangan pemerintah provinsi, dan terminal Tipe C menjadi kewenangan pemerintah kabupaten/kota.

Dikarenakan ke-14 terminal Tipe B tersebut, pengelolaannya sudah dibawah kewenangan provinsi, tentunya perlu dilakukan revitalisasi. Baik dari sisi infrastruktur fisik maupuan kelangkapan sarana-prasarana pendukung dalam memberikan kenyamanan dan keamanan masyarakat penggunakan kendaraan angkutan umum.

Revitalisasi total,  satu terminal tipe B, akan menghabiskan anggaran sebesar Rp.60 triliun, jadi kalau ke 14  terminal total anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp.840 miliar. Karena besarnya dana yang dibuthkan maka pola pembangunan pembiayanaan menggunakan tahun jamak (multi years). Jadi anggaran alam beberapa tahun APBD Jabar.

Demikian dikatakan, Hasbullah saat dihubungi faktabandungraya.com, melalui telepon selulernya, Rabu (23/6-2021).

Dikatakan, dalam APBD Jabar 2021 sekarang, baru dianggarkan untuk dua terminal yaitu Terminal Ciledug di Kabupaten Cirebon dan Terminal Ckarang di Kabupaten Bekasi, dengan neilai masing-masing terminal sebesar Rp. 4,5 miliar. Dan sisanya sebesar Rp.51,5 Miliar lagi akan dianggarkan kembali pada tahun 2022 mendatang.

Saat ditanya, kenapa baru dua terminal (CIledug dan Cikarang) yang dianggarkan ?... politisi PAN Jabar ini mengatakan, karena didua terminal tersebut sudah sudah beres soal pengalihan personel, pendanaan, sarana dan prasarana, serta dokumen (P3D). Dinyatakan sudah “clean and clear”, sehingga dapat dibangun.

Hasbullah mengungkapkan sebenarnya sudah ada 7 terminal yang sudah dalam kondisi “clean and clear”, dan suah siap dibangun/ revitalisasi. Namun, berhubung sekitar-30 hingga 40 persen dana APBD Jabar diperuntukan untuk penanganan pandemi covid-19, makanya hanya dianggarkan untuk dua terminal saja dulu.

Lebih lanjut Hasbullah mengatakan, penanganan alih kelola terminal Tipe B terutama soal P3D tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Banyak hal yang terkait di dalamnya. Pada kenyataannya, ada terminal yang didirikan di atas tanah milik desa. Jadi, jangankan membangun kalau status tanahnya saja belum jelas. Namun, semua tetap diupayakan untuk dilakukan percepatan prosesnya.

Kita di DPRD Jabar akan mendorong percepatan pembangunan/ revitalisasi total terhadap 14 terminal Tipe B di Jabar.

“ Ya, kalau bias, ke 14 terminal Tipe B tersebut, dapat diselesaikan dala lima tahun masa kepemimpinan Gubernur Jabar Ridwan Kamil- dan Wagub Uu Ruchanul Ulum.   Sehingga kedepannya, Provinsi Jabar akan membantu kabupaten/kota belum memiliki terminal Tipe B”, tandasnya. (adikarya/husein).

 

 

×
Berita Terbaru Update