Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Komisi I : Kampung Cyber D.I.Yogyakarta Dapat Diadopsi dan Diterapkan di Jabar

Kamis, 10 Juni 2021 | 11:17 WIB Last Updated 2021-06-10T04:17:56Z

Rombongan Komisi I DPRD Jabar saat meninjau kampung Cyber di Yogyakarta (foto:humas).

YOGYAKARTA, Faktabandungraya.com,--- Pemerintah Provinsi D.I Yogyakarta bekerjasama dengan lima Kab/kota se-Yogyakarta telah menerapkan Kampung Cyber.  Untuk itu, Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Sadar Muslihat akan mendorong kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat dapat mengadopsi konsep Kampung Cyber yang ada di D.I.Yogyakarta.

Berdasarkan paparan dari Pemprov Yogyakarta, bahwa sejak konsep kampung cyber di terapkan di beberapa kampung di Kabuapten/kota se-Yogyakarta, ternyata memiliki banyak manfaat salah satunya mempermudah masyarakat dalam mengurusi kebutuhan-kebutuhan administrasi pemerintahan dan pengembangan perekonomian.

"Mudah-mudahan konsep ini bisa diterapkan walaupun tidak harus di tingkat provinsi, tetapi melalui kabupaten kota dapat mengadopsi hal-hal yang bisa dilakukan di Jabar, bahkan lebih baik," ujar Sadar dalam Kunjungan Studi Komparasi Komisi I DPRD Jabar di Kampung Cyber, DIY, Rabu (9/6/2021).

Terkait penerapan konsep Kampung Cyber di Jawa Barat Sadar menyatakan, bahwa pihaknya akan menyerahkan upaya tersebut kepada pemerintah kabupaten kota. Sebab, hal itu diluar kewenangan DPRD Provinsi Jabar.

"Kita hanya bisa memotivasi dan mendorong terkait dengan yang akan menjadi kewenangan Pemprov Jabar," katanya.

"Akan tetapi, kendalanya yaitu Jabar dengan DIY memiliki kondisi geografis yang berbeda. Jadi di lapangan akan berbeda pula yang harus dilakukan," tambahnya.

Di singgung mengenai ketersediaan anggaran, Sadar menjelaskan jika dalam kondisi normal Jabar memiliki postur APBD lebih besar dibandingkan dengan Provinsi DIY. Namun di tengah kondisi pandemi ini keberpihakan anggaran lebih ditujukan untuk penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi.

"Tetapi dalam kondisi pandemi Covid-19, kita tidak bisa mengutamakan penganggaran untuk hal yang demikian kecuali urusan dengan pandemi sudah selesai," tandasnya. (hms/sein).

×
Berita Terbaru Update