Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Luar Biasa! Warga RW 09 Sukaraja Kompak Laksanakan PPKM Darurat

Selasa, 06 Juli 2021 | 20:46 WIB Last Updated 2021-07-06T13:46:03Z

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19, Ema Sumarna saat memantau pelaksanaan  PPKM Darurat di
 Kel. Sukaraja KEc. Cicendo (foto:humas)
BANDUNG, Faktabandungraya.com,---Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna mengapresiasi pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di RW 09 Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung.

Tak hanya Ketua RT dan RW memahami pelaksanaan PPKM Darurat, tetapi warganya juga kompak.

"Masyarakat di sini bisa kompak tidak ada yang arogan. Warga paham jika di waktu tertentu tidak boleh lagi beraktivitas keluar kecuali urgent," katanya usai memantau pelaksanaan PPKM dan tempat isolasi, Selasa 6 Juli 2021.

"Dan mereka pun kompak saat ini, karena sedang melakukan PPKM darurat tidak dulu memberikan ruang kepada masyarakat di luar warga di sini, untuk masuk ke wilayah ini. Ternyata dengan pemahaman yang luar biasa dari pengurus, ini bisa dipahami oleh masyarakat," lanjutnya.

Menurutnya, penanganan warga terkonfirmasi Covid-19 pun sudah baik. Untuk OTG atau gejala ringan tidak menuju ke rumah sakit, karena BOR saat ini sedang tinggi di angka 92,83.

Di wilayah tersebut, Ema pun sempat melihat beberapa rumah yang ditandai bahwa di dalamnya sedang ada yang isolasi mandiri. Serta satu sekolah yang satu ruangannya dipakai sebagai tempat isolasi.

Menurut Ema, untuk warga yang tidak memiliki tempat yang layak untuk isolasi mandiri memang harus dicarikan alternatif.

"Kalau memang ini sulit sekali, saya mintakan Ibu Kepala Puskesmas berkoordinasi untuk memanfaatkan hotel yang kita siapkan. Mungkin masih ada 1-2 kamar yang bisa dimanfaatkan. Di sana difasilitasi, makan 3 kali kontrol dokternya, kemudian juga ruangannya jelas terstandarisasi itu relatif jauh lebih baik," ungkapnya.

Ema menegaskan, Covid-19 itu bukan aib. Justru saat diketahui, akan muncul kepedulian warga.

Penyerahan beras untuk warga Sukaraja yang sedang menjalani Isoman (foto:humas).
"Dengan semangat gotong royong ini luar biasa, apalagi tadi Pak Camat terus menggerakan Bu Lurah, bagi masyarakat yang ekonomi lebih, terus diajak untuk berempati. Tadi Alhamdulillah ada bantuan 50 kilogram beras untuk sekitar 40 orang warga masyarakat disini yang sedang terkonfirmasi Covid-19 dan itu secara umum adalah OTG dan gejala ringan," katanya.

Sementara itu, Ketua RW 09 Kelurahan Sukaraja, Nugraha mengatakan, jumlah kasus terkonfirmasi di RW 09 sebanyak 42 orang, dan RT 04 merupakan yang terbanyak sekitar 18 orang.

"Kalau rumah yang dijadikan tempat isoman ada 9 termasuk yang satu sekolah," katanya.

Menurut Nugraha, pemilihan ruangan di sekolah yang ada di lokasi tersebut, karena rumah tinggalnya tidak layak, dan ada 3 anggota keluarga lainnya, sedangkan rumah singgah sudah penuh.

"Kita meminta isoman di rumah singgah, ternyata penuh, waiting list. Akhirnya kita koordinasi dengan pihak sekolah, dengan rasa kemanusiaan mereka memberikan satu ruangan untuk dijadikan tempat isoman," katanya.

"Untuk yang isoman di sini, OTG dan gejala ringan. Setiap ada orang yang terkena akan lapor ke Puskesmas. Nanti akan dipantau oleh puskesmas dan tracing juga," lanjutnya.

Sedangkan Kepala UPT Puskesmas Sukaraja drg Dwi Mudji Astuti mengaku menerima laporan jika ada yang positif melalui hotline Puskesmas Sukaraja. Pihaknya lalu menanyakan terlebih dahulu kondisi yang bersangkutan.

"Nanti ditanyakan apakah di rumah layak untuk isolasi atau tidak. Jadi kita dipantau dari jauh dan minta bantuan dari RT RW untuk melihat kondisinya," katanya. (agg/red).



×
Berita Terbaru Update