Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Komisi I DPRD Jabar Apresiasi BUMDes Desa Ciburial Kabupaten Bandung

Anggota Komisi I DPRD Jabar melakukan kunker ke Desa Ciburial tinjau pengelolaan BUMDes
 (foto:humas)
.
BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat mengapresiasi pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Ciburial, Kabupaten Bandung dengan salah satu usaha unggulannya yaitu pengelolaan air bersih dan akses pembayaran secara online.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Bedi Budiman mengatakan, BUMDes Ciburial menjadi salah satu yang terbaik di Jabar dalam bidang usaha sebagai upaya meningkatkan pendapatan desa.

Terlebih, adanya desa wisata, penyediaan barang Alat Tulis Kantor (ATK) dan penyewaan gedung serbaguna serta bidang usaha komoditas lainnya seperti agribisnis yang berpotensi menghasilkan pendapatan bagi desa.

"Kami Komisi I memiliki semangat bahwa BUMDes menjadi instrumen daya jungkit ekonomi sebagai stimulus bagi masyarakat akibat pandemi Covid 19," ujar Bedi di Kantor Desa Ciburial, Kabupaten Bandung, Kamis (30/9/2021).

Bedi menambahkan, bahwa kesiapan desa merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Karena itu, pemerintah daerah harus hadir dalam hal ini sebagai pendukung yang utama.

Bentuk dukungan tersebut dapat berupa pengorganisasian, manjemen, dan media promosi. Termasuk untuk akses perbankan milik pemerintah daerah yang memiliki tarif kredit khusus untuk pinjaman BUMDes.

"Dalam situasi seperti ini BUMDes sangat membutuhkan pinjaman biaya sebagai modal utama. Peran BJB sangat menunjang untuk kredit pinjaman bagi BUMDes," katanya.(hms/sein)