Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tingkatkan Layanan Perbankan dan Dukung UMKM, Bank bjb Tanda Tangani Nota Kesepahaman dengan IA-ITB dan ID-SEED

Jumat, 31 Desember 2021 | 20:29 WIB Last Updated 2021-12-31T13:29:02Z

Bank bjb dan Ika ITB lakukan MoU pelayanan jasa perbankan. ( foto:hmsbjb).

BANDUNG, faktabandungraya.com, -- bank bjb melakukan penandatanganan dua nota kesepahaman kerja sama di bidang pelayanan jasa perbankan pada hari Rabu, 29 Desember 2021 di Menara bank bjb, Bandung.

Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama pertama dilakukan dengan Ikatan Alumni ITB tentang Pemberdayaan Anggota Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung dan Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari dengan Ketua Umum Ikatan Alumni ITB Gembong Primadjaja 

Setelah itu, bank bjb juga menandatangani nota kesepahaman kerja sama dengan Perkumpulan Indonesia Diaspora Pemberdayaan dan Pengembangan Ekspor Usaha Industri Kecil Menengah tentang Pemberdayaan, Pembinaan, dan Pendampingan UMKM Orientasi Ekspor oleh Indonesia Diaspora SEED bagi mitra binaan bank bjb.

Penandatangan kerja sama ini dilakukan oleh Pemimpin Divisi UMKM bank bjb Deny Mulyadi dengan VP Indonesia Diaspora Network Indira Damayanti. 

Turut hadir pula pengurus Ikatan Alumni ITB dan ID- SEED baik secara offline maupun online. 

Nota kesepahaman kerja sama ini disepakati sebagai bentuk sinergi semua pihak yang terlibat. Dalam hal ini bank bjb memberikan pelayanan jasa perbankan serta sebagai bank yang memiliki komitmen tinggi pada perkemabangan UMKM berorientasi ekspor.

Kerja sama ini juga merupakan langkah strategis yang dilakukan bank bjb dalam rangka mendorong debitur UMKM yang memiliki potensi dan keunggulan produk untuk memperluas pemasaran ke mancanegara.

Dengan adanya kerja sama ini, maka debitur UMKM bank bjb akan mendapatkan layanan pemberdayaan, pembinaan dan pendampingan dalam kesiapan pemasaran global, memperoleh informasi regulasi dan trend produk. 

Dalam praktiknya, bank bjb tidak hanya menyediakan layanan permodalan usaha namun juga mendukung program pemberdayaan melalui program khusus yang dinamai bjb PESAT (Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu).

Di samping itu, debitur juga berpeluang mengikuti pameran perdagangan baik dalam maupun luar negeri dan kemudahan promosi produk melalui jejaring diaspora. Di lain pihak ID-SEED juga akan membantu bank bjb dalam literasi produk dan layanan perbankan yang dimiliki oleh bank bjb.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, Widi Hartoto, menegaskan UMKM memiliki peran signifikan dalam memajukan perekonomian daerah. 

"bank bjb fokus menggarap sektor UMKM yang berorientasi ekspor untuk mendorong pelaku usaha memiliki nilai tambah dan daya saing di pasar global. bank bjb mendorong pelaku UMKM khususnya di Jawa Barat agar dapat naik kelas sehingga produk-produknya dapat dikenal lebih luas dan mendunia," ujar Widi. (*/red).

×
Berita Terbaru Update