Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Menuju Era Endemi, Kota Bandung Gencar Melakukan Percepatan Vaksinasi

Jumat, 04 Maret 2022 | 17:10 WIB Last Updated 2022-03-05T10:17:27Z
Plt Wali kota Bandung Yana Mulyana ( foto:humas).

BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung gencar melakukan percepatan Vaksinasi. Hal ini sebagai ikhtiar herd immunity (kekebalan kelompok) akan terbentuk dalam memberantas pandemic covid-19 menuju era endemic.

"Selain disiplin prokes seperti jaga jarak dan bermasker, salah satu upayanya juga dengan vaksinasi karena dengan ini bisa membentuk herd imuniti kita semua," ucap Yana pada program Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Jumat 4 Maret 2022.

Sampai saat ini, Yana menyampaikan, sudah 15 persen masyarakat di Bandung melakukan vaksinasi booster atau dosis 3. Sedangkan untuk vaksinasi dosis 1 sudah mencapai 112 persen dan dosis 2 telah menyentuh angka 100 persen.

"Ini salah satu ikhtiar kita juga. Pemerintah pusat sudah menyampaikan, tadinya jarak dari dosis 2 ke dosis 3 itu harus 6 bulan. Tapi, sekarang sudah jadi 3 bulan," jelasnya.

Jika nantinya pandemi ini bisa berubah menjadi endemi, Yana mengatakan, relaksasi (pelonggaran) aktivitas akan kembali dilakukan. Masyarakat bisa beraktivitas dengan normal seperti dulu lagi.

"Meskipun kalau kita baca, di negara-negara luar sudah banyak yang tidak mewajibkan masker. Tapi, tentunya kita tetap harus hati-hati," ujarnya.

"Sebab, penularannya itu lewat penyebaran droplet. salah satu cara untuk kita bisa hindari ya dengan penggunaan masker," imbuh Yana.

Selain disiplin prokes dan percepatan vaksinasi, Yana mengimbau, masyarakat juga perlu menggunakan apliasi Peduli Lindungi. Dengan aplikasi ini, kondisi warga bisa lebih mudah terdeteksi.

"Karena dengan kita menggunakan peduli lindungi, kita jadi tahu kondisi orang yang datang, bisa terlihat dari statusnya. Apakah hijau, kuning, merah, atau bahkan hitam," katanya.

"Ini juga salah satu cara mengurangi risiko penyebaran covid-19 ke orang-orang yang akan datang di tempat-tempat relaksasi," paparnya.

Sebab, dari informasi terbaru, kasus aktif covid-19 Bandung masih tinggi. Data dari covid19.bandung.go.id, penambahan kasus aktif per Kamis, 3 Maret 2022 mencapai 1.300 orang.

"Memang per kemarin masih terjadi penambahan kasus itu di angka 1.300, Meski beberapa hari lalu kita sempat di angka 500-600," ungkapnya.

"Maka dari itu, penting sekali untuk menaati prokes, kurangi kegiatan yang menimbulkan potensi kerumunan. Kami sangat butuh dukungan dari masyarakat itu sendiri," ucap Yana. (din/red).

×
Berita Terbaru Update