Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Nilai Kebangsaan Dalam 4 Pilar Memperkuat Tradisi Adat Masyarakat

Kamis, 19 Mei 2022 | 10:58 WIB Last Updated 2022-05-19T03:58:23Z
Anggota DPRD Jabar Bambang Mujiarto melakukan sosialisasi 4pilar kebangsaan di Kec. Plered Kab. Cirebon (foto:humas).


CIREBON, Faktabandungraya.com,-- Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil XII Bambang Mudjiarto, ST dari daerahpemilihan Jabar XII  (Kabupaten, Kota Cirebon dan Kabupaten Indramayu) menilai masyarakat pedesaan secara umum masih memegang teguh prinsip dasar kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal tersebut terlihat pada setiap kegiatan yang dilakukan dalam kesehariannya, diantaranya ada kebersamaan, kerukunan antar umat beragama, bergotong royong, toleransi beragama, kearifan lokal yang terasa di Desa Pangkalan, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon,

"Di Desa Pangkalan ini setiap tahun ada tradisi yang disebut mapag sri atau panen bumi kegiatan yang dilakukan berbagai unsur elemen masyarakat untuk sedekah bumi. Dan ini merupakan bagian dari kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Bambang Mujiarto  dalam kegiatan 4 Pilar/Sketsa Kebangsaan di Kabupaten Cirebon, Rabu (18/5/2022).

Selain nuansa kebersamaan dan kegotong royongannya, Bambang menyebut, angka toleransi masyarakat di Jawa Barat yang terus meningkat harus diperkuat dengan pemahaman akan pentingnya 4 pilar kebangsaan bagi masyarakat. 

Karena menurutnya, nilai soal berkehidupan inilah yang menjadi guru bagi masyarakat dalam bermasyarakat.

"Angka toleransinya yang sangat tinggi diharapkan membawa Jawa Barat menjadi provinsi yang angka toleransi meningkat. Melalui 4 pilar kebangsaan ini kita menguatkan semangat patriotik masyarakat pedesaan dalam cakupan kebhinekaan," ujarnya.

Bambang Mujiarto foto bersama dengan warga plered yang ikut
sosialisasi 4 pilar kebangsaan (foto:humas).


Politisi PDIP Jabar ini berharap, melalui sosialisasi 4 Pilat Kebangsaan dapat menebalkan rasa cinta tanah air dan patriotisme semua anak bangsa. Lebih lagi di tengah pergulatan ideologi yang muncul belakangan ini. Patriotisme harus ditumbuh kembangkan.

Rasa cinta tanah air dalam mempertahankan keutuhan NKRI harus kita terus tanamkan. Dan sesama anak bangsa, jangan mudah  terprovokator dan termakan informasi  hoaks.

Mari kita sama-sama menjaga keutuhan NKRI dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika, tandasnya. (AdiP/husein).

 

×
Berita Terbaru Update