Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Weni Dwi : Potensi Besar Daerah Kabupaten Cianjur Bagian Selatan Bila Jadi DOB

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 20:05 WIB Last Updated 2022-08-20T13:05:17Z
Anggota DPRD Jabar Weni Dwi Aprinti, S.AB dari Fraksi PDI Perjuangan



BANDUNG, Faktabandungraya.com,--  Anggota DPRD Jawa Barat,  Weni Dwi Aprianti, S.AB dari Fraksi PDI Perjuangan mengatakan,  dengan telah ditetapkannya Cianjur Selatan  sebagai Calon Persiapan Daerah Otonomi  Baru (CPDOB), sudah sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Provinsi Jawa Barat 2018-2023 tentang prioritas daerah pemekaran.

‘Saya selaku wakil rakyat dari daerah pemilihan Kabupaten Cianjur, tentunya bersama-sama anggota DPRD Jabar dari dapil Jabar IV ( Kabupaten Cianjur), akan terus memperjuangkan aspirasi masyarakat Kabuapten Cianjur,  termasuk juga masyarakat Cianjur Selatan”.

Demikian dikatakan, Weni Dwi Aprianti saat ditemui disela-sela peringatan Hari Jadi ke 77 Provinsi Jabar di gedung DPRD Jabar, Jum’at (19/8/2022).

Dikatakan, Kabupaten Cianjur  memiliki sejumlah potensi suber daya alam  (SDA) yang belum tentu dimiliki oleh Kabupaten/kota lain di Jabar, diantaranya dari bidang pertanian, perkebunan, perikanan.  Terutama dari sektor kepariwisataan.  

 “ Keindahan alam Kabupaten Cianjur di kawasan Puncak dengan perkebunan Teh  menjadi daya tarik tersindiri bagi wisatawan. Namun, sebenarnya keindahan alam pantai Cianjur Selatan juga dapat menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan  Lokal, Regional, Nasional maupun Manca Negara, bila dipoles dan ditata sedimikian rupa”, ujar Srikandi PDIP Jabar ini.

Pembangunan Infrastruktur di Kabupaten Cianjur  hingga saat ini dapat dikatakan belum merata,  hal ini dapat dilihat dari kondisi infrastruktur antara wilayah Tengah, Barat, Timur dibandingkan wilayah  Selatan Cianjur.

Aksesbilitas infrastruktur wilayah Cianjur Selatan, memang masih perlu banyak pembenahan dan peningkatan.  Karena kemantapan jalan sangat  mendukung kelancaran bagi masyarakat yang berwisata menuju objek wisata.  

Selain infrastrukur, tentunya perlu juga dibenahi sarana-prasarana kepariwisataan. Namun, kalau sudah menjadi DOB Cianjur Selatan, tentunya akan menjadi perhatian untuk dibenahi dan ditingkatkan, ujar Wanita kelahiran Bandung ini .

Sebagai anggota Legislatif  Dapil Kab Cianjur, tentunya kita mendorong dan berharap, agar DOB Cianjur Selatan  semakin cepat terbentuk.

Kalau sudah menjadi DOB  mandiri tentunya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) akan berdampak positif terhadap Kab Cianjur selaku kabupaten Induk dan Cianjur Selatan selaku DOB. Hal ini mengingat, kondisi IPM Kab Cianjur masih tergolong rendah dibandingkan beberapa Kab/kota se-Jabar. Namun, Pemerintahan kab. Cianjur ( Bupati dan DPRD Cianjur) terus membangun dan meluncurkan program yang dapat mendongkrak peningkatan IPM Cianjur.

Ada tiga hal pokok yang menjadi indikator/dimensi penilaian IPM yaitu Kesehatan; Pendidikan dan Daya Beli Masyarakat. Nah ketiga indikator inilah yang kini terus digenjot oleh Pemerintahan Cianjur termasuk kita yang menjadi wakil rakyat di DPRD Jabar asal dapil Kab.Cianjur, ujarnya.

Lebih lanjut, Weni yang juga anggota Komisi V DPRD Jabar mengatakan,  komponen Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencakup : 1. Angka Harapan Hidup (AHH) yaitu sejak lahir sampai meninggal atau lama hidup didunia; 2. Angka Melek Huruf yang merupakan persentase penduduk usia 15 tahun keatas yang dapat membaca dan menulis huruf latin dan atau huruf lainnya. Ke 3, Rata-Rata Lama Sekolah yaitu penduduk usia 15 tahun keatas dalam menjalani pendidikan formal.

Sedangkan yang ke-4, Pengeluaran Riil per Kapita yang disesuaikan menggunakan Produk Domestik Bruto (PDB) sebagai pendekatan pendapatan yang mewakili capaian pembangunan untuk hidup layak, jelasnya.

Sebelum mengakhiri wawacara khusus ini, Weni secara tegas mengatakan, sebagai wakil rakyat yang dipercaya dan diberikan amanah oleh rakyat, tentunya kita akan berjuang semaksimal mungkin dan seoptimal mungkin untuk dapat memenuhi tuntutan aspirasi rakyat Kab Cianjur dan juga untuk mewujudkan DOB Cianjur Selatan.

 “Kan  tujuan DOB itu, untuk meningkatkan dan mendekatkan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat dan untuk meningkat kesejahteraan masyarakat”, kandasnya. (AdiP/husein).

×
Berita Terbaru Update