Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Agam Gumay : Membangun Nilai Kebangsaan Melalui Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Minggu, 18 September 2022 | 00:06 WIB Last Updated 2022-09-20T17:06:32Z
Anggota DPRD Jabar H. Mirza Agam Gumay, SmHk melaksanakan sosialisasi4 Pilar Kebangsaan


 

CIANJUR, Faktabandungraya.com,--- Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Daerah Pemilihan Jabar IV (Kabupaten Cianjur) H Mirza Agam Gumay Melaksanakan Sosialisasi Sketsa Kebangsan 4 Pilar bertempat di Gazebo Villa Gemini Kp. Jemprak RT 006 RW 003 Desa Ciloto Kecamatan Cipanas Kab. Cianjur. Sabtu (17/9/2022).


Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar oleh Mang Agam—sapaan—Mirza Agam Gumay dihadiri unsur Muspincam Cipanas dari Kecamatan, Polsek, Koramil , serta tokoh agama , tokoh masyarakat,  serta masyarakat Desa Ciloto Kec. Cipanas.

Sebelum memaparkan makna dan point-point dalam 4 pilar kebangsaan, terlebih dahulu Mang Agam—sapaan Mirza Agam Gumay dari Fraksi Partai Gerindra DPRD Jabar ini menjelaskan maksud tujuan pelaksanaan kegiatan empat pilar kebangasaan.

Dikatakan, Mang Agam yang juga anggota Komisi II DPRD Jabar , bahwa untuk membangun semangat nilai-nilai kebangsaan, dan nilai-nilai konstitusi bagi masyarakat Kac.Cianjur  pada umumnya dan  khususnya kalangan generasi.

Empat (4) Pilar Kebangsaan  sangat penting sebagai landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang terdiri dari landasan ideologi (Pancasila), konstitusi (UUD 1945), persatuan dan kesatuan (NKRI) , serta semangat keberagaman sebagai modal sosial membangun kekuatan bangsa Indonesia (Bhinneka Tunggal Ika).

Anggota DPRD Jabar H. Mirza Agam Gumay, SmHk saat sesi
 tanya jawab  dengan  peserta  sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan




Lebih lanjut, wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Jabar 4 (Kabuapten Cianjur) ini,  beberapa tahun belakangan ini, rasa nasionalisme dan kejiwaan masyarakat terhadap 4 pilar kebangsaan semakin berkurang .

 Memang banyak faktor yang menyebabkannya. Pergeseran nilai budaya, masuknya pengaruh luar yang cukup kuat. Bahkan, yang lebih memprihatinkan selain kondisi saat ini banyak yang tidak hafal poin-poin dari Pancasila.

Yang cukup memprihatinkan, kata Mang Agam, alih-alih untuk mengimplementasikan di lingkungan masyarakat, bahkan setidaknya mengetahui atau hafal secara lisan pun masih banyak yang belepotan. Inilah yang perlu ditanamkan dalam lingkungan sosial masyarakat.

Secara harfiah, sebelum mengimplementasikan, harus mengetahui terlebih dulu apa saja poinnya. Karena itu, sosialisasi 4 pilar perlu diperkenalkan sejak dini dilingkungan masyarakat. Terutama kalangan remaja dan pemuda yang rentan dalam berbangsa dan bernegara karena arus pengaruh negatif.

Mirza Agam Gumay foto bersama dengan peserta sosialisasi 4 pilar kebangsaan


 
"Maka dari itu, saya secara pribadi selalu mensosialisasikan kegiatan empat pilar ini di simpul-simpul pemerintahan melalui tokoh pemuda yang terpilih dan diharapkan bisa mensosialisasikan nilai-nilai tersebut kepada masyarakat," ujarnya.


Selain itu, sebagai wakil rakyat sudah menjadi kewajiban kami untuk turut serta dalam mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan ini  kepada  semua lapisan masyarakat, agar semangat nilai-nilai kebangsaan, dan nilai-nilai konstitusi tetap terjaga dan terwariskan  bagi masyarakat Kabupaten Cianjur khususnya, dan seluruh Indonesia pada umumnya, tandasnya. (AdiP/husein).
×
Berita Terbaru Update