Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Reses II Syamsul Bachri : Bahas Soal Pertanian dan Ketahanan Pangan, PDIP Buka Kebun Rakyat

Kamis, 16 Februari 2023 | 12:20 WIB Last Updated 2023-02-16T05:22:58Z
Anggota Komisi II DPRD Jabar H.Syamsul Bachri, SH, MBA gelar Reses II di Desa Sindang Mekar Kec. Dukuh Puntang Kab Cirebon, (foto:ist).



CIREBON, Faktabandungraya.com,-- Anggota DPRD Jawa Barat H. Syamsul Bachri, SH, MBA dari Komisi II melaksanakan kegiatan Reses II Tahun Sidang 2022-2023 di Desa Sindang Mekar Kecamatan Dukuh Puntang Kabupaten  Cirebon, Rabu (15/02/2023).

Sebelum menyerap aspirasi, Syamsul Bachri terlebih dahulu  menyampaikan maksud dan tujuan Reses termasuk juga menyampaikan program provinsi Jabar dan DPRD Jabar .

Dihadapan Warga Sindang Mekar, tokoh masyarakat, para petani juga kader PDIP Kec Dukuh Puntang , Symasul Bachri lebih banyak menyampaikan bidang tugas Komisi II yang salah satunya sector Pertanian.

“ Kegiatan Reses kali ini, saya akan menyampaikan soal pertanian dan ketahanan pangan, saja ya”,  ujar Politisi PDIP Jabar ini.

Namun demikian, menambahkan bagi yang ingin menyampaikan aspirasi lain silahkan juga, saya siap serap dan catat untuk selanjutkan diperjuangan di DPRD Jabar, agar dapat terealisasikan,  ujarnya.

Terkait soal pertanian, kita DPRD Jabar khususnya Komisi II sangat mendorong Pemprov Jabar untuk menjaga kedautan pangan, sudah seharusnya lahan-lahan pertanian yang ada di desa-desa dioptimalkan dan dipertahankan agar tidak dialih fungsikan.

Lahan pertanian bukan hanya lahan sawah untuk padi, bahkan kita juga mendorong agar laha-lahan yang produktif yang ada bisa digarap untuk pertanian tanaman pangan baik padi ataupun non padi.

Untuk menjaga kedaulatan Pangan yang menjadi salah satu program prioritas pemerintah. ”Lahan pertanian di desa-desa harus dijaga, karena ini adalah pertahanan terakhir kita untuk menjaga kedaulatan pangan, jangan sampai pertahanan terakhir kita ini runtuh, kata Legislator Jabar dariDapail Jabar XII (Kab/kota Cirebon-Kab Indramayu) ini.

Dorongan Komisi II ke Pemprov Jabar  disampaikan kepada OPD mitra kerja Komisi II, seperti Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Perkebunan termasukjuga Dinas Kehutanan.

“Komisi II minta agar instansi terkait tersebut, untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dengan pemerintah Kabupaten/kota termasuk juga dengan stageholder terkait dalam mengembangkan dan meningkatkan produksi pangan.

“Selama pandemi covid-19, melanda Indonesia, Alhamdulillah kita tidak terjadi krisis pangan. Bahkan  Provinsi Jabar sebagai salah satu daerah penghasil pangan nasional masih tetap mampu memproduksi  akan kebutuhan pangan, ujarnya.

Syamsul juga mengatakan, bahwa dalam upaya mendukung ketahanan pangan Nasional maupun lokal, PDI Perjuangan pun tidak tinggal diam. Bahkan PDI Perjuangan berkomitmen berjuang bersama rakyat untuk menjaga kedaulatan pangan melalui program Kebun Rakyat.


 H.Syamsul Bachri, SH, MBA gelar Reses II di Desa Sindang Mekar  Kab Cirebon, (foto:ist).




”PDI Perjuangan sudah jalan, sudah bersama masyarakat menjaga kedaulatan pangan, kita mewajibkan setiap DPC se Jawa Barat untuk menginisiasi kebun DPC atau kebun rakyat,” imbuhnya.


Kebun DPC ini, sambung Syamsul, tersebar diseluruh wilayah Jawa Barat  termasuk juga di Kab Cirebon dan Kab Indramyu, dengan luasan lahan beragam dengan melibatkan para petani lokal, benih yang digunakan pun merupakan benih lokal.

“Kalau untuk tanamannya kita fokuskan ke tanaman pangan non padi seperti jagung, ubi, dan lain-lain yang kandungan karbohidratnya hampir sama atau menyamai padi,” tandasnya. (AdiP/sein).

 

×
Berita Terbaru Update