Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mirza Agam Gumay : Penilaian LKPJ, Ukurannya Kinerja Gubernur Terhadap Capaian Target RPJMD dan RKPD

Selasa, 09 Mei 2023 | 20:14 WIB Last Updated 2023-05-12T17:19:43Z
Anggota Pansus I H.Mirza Agam Gumay dari Fraksi Gerindra-Persatuan (foto:ist)



BANDUNG, Faktabandungraya.com,--  Penilaian laporan keterangan pertanggungjawab (LKPJ) kepala daerah (Gubernur) dilihat dari kinerjanya, apakah sudah sesuai dan tercapai target yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

RPJMD disepakati dan ditanda tangani oleh Gubernur dan DPRD, sebelum Gubernur melaksanakan tugasnya.   Dalam menjalankan tugasnya, dibuatlah yang namanya Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Untuk itu, menurut anggota Pansus I ( LKPJ Gubernur Jabar 2022) H.Mirza Agam Gumay, Pansus I yang sedang mendalami dan menggodok LKPJ Gubernur 2022, dalam menjalankan tugasnya diberi kewenangan untuk menilai kinerja Gubernur. Apakah kinerja sudah sesuai dengan yang dituangkan dalam RPJMD  ? dan apakah  capaiannya sudah sesuai dengan target apa belum.

Jadi dalam menilai LKPJ itu ukurannya kinerja Gubernur terhadap capaian target yang telah disepakati dan dituangkan dalam RPJMD Jabar dan RKPD yang dibiatai oleh APBD Jabar, kata H. Mirza Agam Gumay yang akrab disapa Mang Agam ini, Selasa (9/5/2023).  

Namun, sebelum Pansus I memberikan penilaian dan rekomendasi yang akan disampaikan dapam siding paripurna DPRD Jabar, tentunya Pansus I dalam pembahasan dan juga mengkritisi secatra konstruktif. 

“ Rekomendasi Pansus I nanti setelah disetujui dan disahkan dalam siding paripurna, harus menjadi perhatian dan ditidaklanjuti oleh Gubernur Bersama perangkat OPD dibawahnya. Hal ini untuk kebaikan pemerintahan Jabar kedepannya”, ujar politisi Gerindra Jaar dari dapil Jabbar 4 ( Kab Cianjur) ini.

Mang Agam yang juga anggota Komisi II DPRD Jabar ini mengatakan, terkait LKPJ Gubernur  2022, sebelum dibahas ditingkat Pansus , sudah terlebih  dahulu dilakukan pembahasan ditingkat Komisi bersama mitra kerja Komisi masing-masing.

Hasil pembahasan tingkat Komisi  ini, sudah disampaikan kepada Pimpinan DPRD Jabar, dan kita dari Pansus I juga menerima sofcopy sebagai bahan masukan dalam pembahasan dan pendalam LKPJ. 

Pansus I berharap, semoga LKPJ Gubernur 2022,  dapat memuaskan seperti tahun lalu.  Namun, kita lihat saja nanti, karena Pansus I sedang bekerja dan belum sampai ke tahap akhir dan penyusunan rekomendasi, tandasnya. (AdiP/sein).

×
Berita Terbaru Update