Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Hari Lahir Pancasila, Syamsul: Pancasila Perekat dan Pemersatu Bangsa Dalam Bingkai NKRI

Selasa, 06 Juni 2023 | 00:14 WIB Last Updated 2023-06-13T17:17:04Z
Anggota DPRD Jabar H. Syamsul Banchri, SH, MBA dari Fraksi PDIP (foto:ist).



BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Nama Pancasila pertama disampaikan Soekarna dalam pidato siding Badan Penyelidik Usaha-usaha PErsiapan Kemerdekaan  Indonesia (BPUPKI) 1 Juni 1945.

Pada Pidatonya, Soekarno  menyampaikan lima konsep, terdiri dari Kebangsaan, Internationalisme, Permusyawarakatan , Kesejahteraan dan Ketuhanan. Lima konsep dasar inilah dirangkum dengan nama Panca Sila yang hingga kini menjadi Dasar Negara RI.

Menurut anggota DPRD Jabar H. Syamsul Bachri, SH, MBA dari Fraksi PDI Perjuangan, bahwa walaupun nama Pancasila disampaikan oleh Bung Karno dalam pidato sidang BPUPKI 1 Juni 1945, tetapi tidak pernah diperingati. Dan baru ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni  tahun 2016 berdasarkan Keputusan Presiden nomor 24 tahun 2026.

Sejak ditetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila, maka setiap tahun menjadi Hari Libur Nasional untuk memperingati Hari LAhir Pancasila, kata Politisi PDIP Jabar yang kini duduk di Komisi II DPRD Jabar ini, saat dihubungi melalui telp selulernya, Senin (5/6/2023).

Dikatakan, Pancasila sebagai  Dasar Negara yang juga merupakan Perekat dan Pemersatu Bangsa menjadi pegangan seluruh anak bangsa dalam menjaga bingkai keutuhan negara KEsatuan Republik Indonesia (NKRI).

Negara Indonesia memiliki beragam Agama, Suku, Budaya, Bahasa dan Ras, bahkan Suku atau kelompok etnik di Indonesia ada lebih dari 1.000 suku. Namun, walaupun ada perbedaan Agama, Suku, Budaya, Bahasa dan Ras, kita disatukan oleh Pancasila.

Di Hari Kelahiran Pancasila Syamsul memaknainya dengan sikap jiwa Nasionalisme, Bergotong royong  dan peduli serta berbagi kepada sesama.

 “Para pendiri bangsa ini telah banyak memberikan teladan dan semangat juang seperti halnya bung Karno seorang Proklamator kemerdekaan yang cinta terhadap tanah airnya menjadi inspirasi kami untuk tetap berbagi di Hari Lahirnya Pancasila ini,” kata Syamsul.

Nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila yang harus terpatri dalam hati setiap Warga Negara Indonesia. Jadi makna peringatan Hari Lahir Pancasila mari kita bangun Nasionalisme, semangat gotong royong.

Mari kita bersatu,saling peduli, saling bantu, saling jaga, saling mengingatkan, dalam menghadapi persoalan bangsa saat ini baik ancaman dari luar maupun dalam bangsa ini sendiri agar kita semua tetap terjaga menjadi warga bangsa yang besar ini yaitu Indonesia Jaya, tandasnya. (AdiP/sein).

×
Berita Terbaru Update