Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sibuk Kampanye, Mungkikah Tugas Sebagai Wakil Rakyat Tetap Optimal , Ini Tanggapan Eryani Sulam

Senin, 20 November 2023 | 23:57 WIB Last Updated 2023-11-20T16:57:38Z
Anggota DPRD Jabar H.Eryani Sulam, MSi dari Fraksi Nasdem (foto:hms).


BANDUNG, Faktabandungraya.com,--  Kapan kampanye Pemilu 2024 dimulai ?. Berdasarkan Peraturan Komisi Pemiliha Umum (PKPU) No 23 tahun 2018 tentang Kampanye Pemiliha Umum disebutkan bahwa pelaksanaan kampanye  adalah pihak-pihak yang ditunjuk oleh peserta Pemilu untuk melakukan kegiatan kampanye.

Pihak-pihak yang ditunjuk oleh peserta Pemilu untuk menyakinkan pemilih dengan menawarkan visi, misi, program dan/atau citra diri peserta Pemilu.

Kampanye Pemilu diatur  dalam Peraturan KPU Nomor 2 tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal  Penyelenggaraan Pemillu 2024.   Berdasarkan aturan PKPU tersebut  disebutka bahwa Kamapnye Pemilu 2024 dimulai pada hari Selasa 28 November  hingga hari Sabtu,10 Februari 2024.

Walaupun masa kampanye masih sekitar seminggu lagi, namun selama tahun politik 2023, kesibukan anggota DPRD Jabar (120 orang) kini mulai bayak turun ke daerah pilihan masing-masing.  Untuk melakukan sosialisasi diri dan kerja-kerja politik menarik simpati masyarakat agar dapat dipilih kembali menjadi wakil rakyat dan dicoblos pada 14 Februari 2024 mendatang.

Apakah kesibukan pribadi anggota DPRD Jabarmasih tetap optimal dalam menjalankan tugasnya sebagai Wakil Rakyat ?...  berikut tanggapan anggota DPRD Jabar H.Eryani Sulam, M.Si dari Fraksi Nasdem.

Eryani Sulam mengakui bahwa dirinya bersama seluruh anggota DPRD Jabar  punya agenda atau kesibukan masing-masing  menjelang  Pemilu 2024.  Namun, bukan menjadi alasan bagi anggota dewan untuk tidak bertanggungjawab terhadap tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat.

“Kita tetap menjalankan Tugas dan fungsi DPRD, yaitu  sebagai  fungsi legislasi atau pembentukan peraturan daerah,  fungsi pengawasan pelaksanaan APBD dilapangan, dan fungsi anggaran atau budgeting”, kata Eryani Sulam saat ditemui ge dung DPRD Jabar baru-baru ini.

Dikatakan, agenda kedinasan dewan yang telah disepakati dalam Badan Musyarawah tetap berjalan sesuai jadwal, misalkan pembahasan Rancangan APBD 2024, Pansus pambahasan beberapa Raperda.

Kita juga melakukan penyebarluasan Perda dan melaksakan kegiatan Reses di daerah pemilihan masing-masing, termasuk juga melaksanakan kegiatan Citra Bakti DPRD Jabar yang dibagi dalam beberapa wilayah.

Selain itu, kita juga tetap melaksanakan pengawasan pelaksanaan APBD  sesuai dengan tupoksi Komisi masing-masing.  Saya selaku anggota Komisi V bersama anggota Komisi lainnya juga melakukan kunjungan kerja ke KCD Pendidikan dan ke sekolah SMA/SMK dan SLB, ujarnya.

Politisi Nasdem Jabar  dari Dapil Jabar XII (Kab/kota Cirebon-Kab Indramayu) ini juga mengakui, karena kesibukan masing-masing anggota dewan memang agak sulit kalau ada agenda kegiatan di lakukan di Gedung DPRD Jabar, seperti  Rapat Komisi, maupun Rapat Paripurna , Tapi saya yakin kawan-awan anggota Dewan  paham akan taggungjawab terhadap tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat, tadasnya. (AdiP/sein).

×
Berita Terbaru Update