Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Habiskan Anggaran Rp.17 M, Komisi IV DPRD Jabar Tinjau Kondisi Alun-alun Karawang

Senin, 22 Januari 2024 | 23:51 WIB Last Updated 2024-01-22T16:52:44Z
Anggota Komisi IV DPRD Jabar H.M.Hasbullah Rahmad, SPd, M.Hum dari Fraksi PAN (foto:ist)



BANDUNG, Faktabandungraya.com,--  Alun-alun Kabupaten Karawang  yang baru diresmikan pada 3 November 2023 dengan menghabiskan anggaran dari APBD Jabar sebesar Rp.17 Miliar.  Diperuntukan untuk memperbanyak ruang terbuka public dan bias menjadi semi wisata local seperti alun-alun Bandung.

Pembangunan alun-alun Karawang yang berdiri di lahan seluas 4.500 meter persegi ini memiliki fasilitas plaza playground , lima pilar gate, tiga taman sabit, vegetasi, tugu, kolam, pedestrian, basemen serta area kuliner.

Anggota Komisi IV DPRD Jabar H.M. Hasbullah Rahmad, S.Pd, M.Hum , membenarkan bahwa pembangunan Alun-Alun Kabupaten Karawang dibiayai dari APBD Jabar yang nilai totalnya mencapai sebesar Rp.17 Miliar lebih.

Pekerjaan pembangunan dilakukan dua tahap, yaitu pada tahun 2022, dianggarkan sebesar Rp.13 miliar dalam APBD Jabar 2022. Namun, setelah dilelang, nilai kontraknya sebesar Rp.9,7 miliar dari pagu Rp.13 Miliar. Hasil pekerjaannya sebesar 60 persen.

Untuk melenyelaikan pekerjaan tahap II maka pada APBD Jabar 2023, kembali dianggarkan  sebesar 8 Miliar lebih. Dan, Alhamdulillah pada pada 3 November 2023 lalu sudah diresmikan dan kini menjadi ruang terbuka hijau yang dilengkapi berbagai fasilitas, sehingga dapat dikatakan sebagai objek semi wisata bagi masyarakat Karawang.

Demikian dikatakan Hasbullah Rahmad yang akrab disapa Bang Has ini, saat dihubungi terkait hasil kunker Komisi IV meninjau Alun-alun Karawang, Senin, (22/1/2024).  

Dikatakan, Komisi IV DPRD Jabar sempat mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa, kondisi alun-alun Karawang sudah ada kerusakan dan retak-retak, bahkan sempat ditutup sementara untuk umum, karena dilakukan perbaikan oleh pihak kontraktor.  Hal ini, memang masih masa pemelihaan dan masih tanggung jawab kontraktor.

Untuk itu, beberapa waktu lalu, tepat Selasa (9/1/2024), Pimpinan dan anggota Komisi IV DPRD Jabar didampingi  Dinas Perumahan dan Pemukiman Provinsi Jabar  meninjau hasil pembangunan Alun-alun Karawang, sebagai bahan evaluasi program kegaiatan T.A. 2023.

Di lokasi alun-alun Karawang, rombongan Komisi IV memeriksa langsung kondisi alun-alun Karawang yang telah menghabiskan APBD Jabar sebesar Rp.17 miliar tersebut, ujar politisi PAN Jabar ini.

Komisi IV menilai, kondisi ALun-alun Karawang cukup baik dan memiliki nilai estetika dengan mencirikan seni budaya local, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Karawang maupun wisatawan lakol yang berkunjung ke Kabuapten Karawang.

Kita berharap, keberadaan alun-alun Karawang ini dapat dinikmati masyarakat meski hanya sejenak melepas  kepenatan. Dan semoga dapat meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat Jabar, khusus masyarakat Karawang, tandas Bang Has yang juga Ketua Fraksi PAN DPRD Jabar ini.  (AdiP/sein).

×
Berita Terbaru Update