Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

PosIND dan Bina Karya Luncurkan Nusantara Logistics Hub dan Services di IKN

Rabu, 17 Januari 2024 | 20:02 WIB Last Updated 2024-01-17T13:02:17Z
PosIND dengan PT Bina Karya meluncurkan Nusantara Logistics Hub dan Services di kawasan IKN



IKN NUSANTARA,-- PosIND dengan PT Bina Karya (Persero)  meluncurkan Nusantara Logistics Hub & Services di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Rabu 17 Januari 2024.

Sinergi kedua perusahaan yang telah tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini meliputi kerja sama operasi (KSO) pelayanan kurir dan logistik Nusantara.

Direktur Utama PosIND Faizal Rochmad Djoemadi dalam sambutannya mengatakan, dalam mendukung proses pembangunan dan penyediaan layanan logistik jangka panjang di Nusantara, Pos Indonesia bersinergi dengan Bina Karya dengan membentuk kerja sama operasi atau KSO.

“KSO ini akan mengembangkan dan memperkuat rantai pasok nasional melalui pembangunan Nusantara Logistics Hub di Ibu Kota Nusantara. Selain untuk Ibu Kota Nusantara, Superhub ini nantinya dapat menjadi penghubung arus perdagangan dan Kawasan Barat Indonesia dan Kawasan Timur Indonesia,” jelas dia.

Kegiatan yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo ini merupakan salah satu bentuk dukungan atas pengembangan infrastruktur di Otorita IKN.

Nusantara Logistics Hub di Nusantara merupakan upaya PosIND untuk mendukung Nusantara menjadi Superhub IKN, yang merupakan penggerak ekonomi bagi Kalimantan Timur dan pemicu untuk memperkuat rantai nilai domestik di seluruh kawasan timur Indonesia dan seluruh Indonesia.

"Dalam KSO ini PosIND salah satu peran utamanya sebagai koordinator dalam menyiapkan model bisnis dan model operasi untuk pelaksanaan kegiatan logistik di Otorita IKN,” ujarnya pula.

Sebagai tahap awal, kerja sama operasi init akan melayani kebutuhan logistik untuk pengangkutan barang-barang milik pribadi ASN/TNI/POLRI, Pegawai BUMN dan Pegawai Swasta yang pindah tugas dan dan menuju Nusantara. Juga pengangkutan dokumen dan barang milik Kementerian/Lembaga, BUMN. Serta, dukungan logistik untuk pekerja konstruksi pembangunan Nusantara.

Menurut dia, PosIND ingin menjadi bagian penting dari proses pembangunan Nusantara dan penyediaan layanan kurir dan logistik bagi warga Nusantara melalui investasi secara bertahap dengan perkiraan nilai investasi keseluruhan mencapai Rp 350 miliar.

Investasi tersebut difokuskan untuk membangun infrastruktur Green Logistics Hub yang didukung oleh teknologi terbaru antara lain delivery robot dan drone, advance robotic sorting machine dan utilisasi operasional logistik menggunakan electric vehicle (EV).

Sementara itu, Direktur Utama Bina Karya Boyke P. Soebroto mengatakan, kerja sama yang dijalin dengan PosIND mampu mengkoordinir aktivitas marketing dan sales untuk seluruh target pasar secara intensif dan berdedikasi.

Fasilitas Nusantara Logistics Hub diantaranya meliputi Cargo Drones, EV autonomous work vehicle,  green packaging, dan supply chain monitoring system.

Sementara itu, peta jalan yang telah ditetapkan kedua belah pihak mencakup dari rencana kerja jangka pendek (2024-2029) yang terdiri dari pemindahan barang ASN, TNI/Polri, dan pegawai BUMN, pemindahan dokumen arsip dan arsip negara, penanganan proyek & kontrak logistik.

Adapun rencana kerja jangka panjang (2030-2045) meliputi pengembangan Nusantara Green Logistics Hub yang mencakup pembangunan container depo, climate control station, pusat logistik berikat, dan lainnya. (*/red).

×
Berita Terbaru Update