Jabar Genjot Infrastruktur Geopark Cileutuh - Sukabumi

SUKABUMI, FAKTA BANDUNGRAYA.COM - Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menetapkan Kawasan Strategis Provinsi (KSP) yang mempunyai pengaruh pertahanan,keamanan negara,lingkungan hidup,ekonomi sosia dan budaya dan/atau pendayagunaan sumber daya alam dan tekhnologi tinggi yang sifatnya lebih indikatif.

Pemprov Jabar telah menetapkan sebanyak 24 KSP yang disesuaikan berdasarkan rencana tata ruang. Bahkan Pemprov Jabar juga telah menetapkan 6 kawasan strategis, yakni bodebek punjur (bogor,depok,bekasi,puncak, cianjur) dan sekitarnnya. Purwa suka (purwakarta, subang, karawang) cekungan bandung; Cianyumajakuning (Cirebon,indramayu,dan kuningan); Priangantimur- pangandaran serta sukabumi dan sekitarnya.

Menurut Kepala Dinas Bina Marga- Tata Ruang (DBMTR) Jabar Prof. M. Guntoro, seiring dengan akan dikembangkannya kawasan Geopark Cileutuh sebagai distinasi /objek pariwisata yang kini tengah diperjuangkan untuk mendapat pengakuan dari UNESCO Global Network. Untuk itu, pemprov Jabar melalui DBMTR Jabar akan menggenjot perbaikan infrastruktur teruma jalan menuju Geopark Cileutuh. Bahkan sudah kita anggarkan sebesar Rp.200 miliyar dalam APBD Jabar 2017.

Dikatakan, pada tahun 2016 kemarin, kita sudah memperbaiki jalan menuju Cileutuh sepanjang 30 KM, yang dimulai dari waluran-malereng-taman jaya-ciwaru dan palangpang. Untuk tahun 2017 ini, mudah-mudahan tahun depan dari palangpang sudah bisa sampai kepuncak Darma.

Selain itu akan dibangun akses jalan lain dari simpang loji sampai puncak Darma,jadi nanti ada dua akses jalan yang bisa di pakai untuk menuju puncak, jelas Guntoro kepada Faktabandungraya.com.

Sementara itu, Ruchiyat selaku Kasi Pembangunan BPJ II Sukabumi ,menambahkan kondisi infrastruktur dijalan menuju Goepark Cileutuh kini sudah cukup lumayan, namun mamang masih perlu diperbaiki dan ditingkat. Hal ini demi mendorong tingkat kunjungan wisata ke lokasi kawasan Geopark Cileutuh terutama ke Puncak Darma.

Dijelaskan Ruchiyat, bagi masyarakat yang akan berwisata ke kawasan Geopark Cileutuh terutama menuju Puncak Darma bisa dicapai dari arah loji-cibutun-balewer-puncak darma dan waluran –malereng-taman jaya-ciwaru-palangpang-puncak darma.

Untuk mendukung kelancaran dan kenyaman wisatawan , saat ini jalan loji-cibutun yang jaraknya 8,1 km sudah ada jalan (existing) antara hotmix dan penetrasi jalan rusak. Bahkan, dari cibutun-balewer-puncak darma belum ada jalan, baru jalan setapak itupun rintisan off roader,selain jalan juga memerlukan pembangunan sekitar 14 jembatan.

Sedangkan, untuk jalan dari waluran-malereng-taman jaya-ciwaru-palangpang-puncak darma saat ini jalan yang sudah dibangun baru sampai palangpang,dari pan
tai palangpang ke puncak sejauh 2,5km rencananya akan dibangun tahun 2017, jelasnya. (husein)

 




Kata Bijak faktabandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar