AMS Minta Pemerintah Bubarkan KNPI

BANDUNG, FAKTABANDUNGRAYA.COM,-- Ketua Umum Angkatan Muda Siliwangi Drs. Noery Ispandji Firman mengatakan, akan mengusulkan dan meminta kepada Pemerintah untuk dapat membubarkan Komita Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), karena keberadaan KNPI sudah tidak mendidik calon-calon kader bangsa.

Bayangkan saja anak-anak muda yang usianya dibawah 30 tahun sudah diajarkan untuk berbuat money politik/ jual beli suara dan bancakan uang APBD, kan tidak baik, lantas bagaimana kepemimpinan kita kedepan, kalau pemudanya sudah diajarkan seperti itu. Untuk itu, saya minta pemerinta untuk segera membubarkan KNPI.

Hal ini ditegaskan Ketua Umum AMS Noery Ispandji Firman kepada wartawan usai peringatan HUT AMS ke 51 tahun di Gedung Merdeka, Kamis (28/12).

Dikatakan, keberadaan KNPI saat ini sudah disempali oleh kepentingan politik, hal ini terbukti kepengurusan KNPI mulai dari tingkat Pusat, Provinsi hingga Daerah kini ada dualisme kepengurusan. Padahal KNPI dibentuk untuk sebagai wadah untuk menyatukan organisasi kepemudanaan, namun kini terpecah menjadi dualism, ujarnya.

Adapun terkait keributan saat diselenggarakannya Musyawarah Daerah KNPI Jabar yang digelar di Hotel Asrella beberapa waktu lalu, menurut Noery,penyelenggaraan Musda KNPI Jabar sudah tidak sesuai dengan UU Kepemudaan, dimana dari 5 calon ketua, tidak ada satupun yang usianya dibawah 30 tahun. Selain itu, selama penyelenggaraan Musda, saya memantau langsung ternyata penuh dengan intrik dan jual beli suara, bikin hati jijik melihatnya. Ditambah lagi dengan tindakan premanisme yang berujung jatuh korban. Ini jelas-jelas bukan mencerminkan makna dari Sumpah Pemuda Indonesia.

Padahal sudah cukup jelas dalam UU Kepemudaan bahwa kepengurusan KNPI harus diisi oleh anak-anak muda yang usianya maksimal 30 tahun. Tapi nyatanya, mayoritas yang menjadi peserta usianya diatas 30 tahun. Untuk itu, AMS minta agar musda sesuai perundang-undangan, tidak ada jual beli suara, lakukan verifikasi terhadap OKP-OKP yang terindikasi bodong yang hanya ada papan nama tapi tidak memiliki keanggotaan dan tidak bergerak

Namun, usulan dari utusan AMS tidak dapat diterima oleh sebagian peserta Musda, padahal kita menginginkan agar musda berjalan berdasarkan UU Kepemudaan yang berlaku. Untuk itu, selama tidak sesuai aturan dan tidak dapat membina generasi muda sebagai harapan bangsa, sekali lagi saya minta pemerintah untuk buburkan saja KNPI, khususnya di Jawa Barat, tandasnya. (sein)

  

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.