Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Menpar Arief Yahya Launching Solo Great Sale & Calendar Event Solo 2017 di Balairung

Sabtu, 21 Januari 2017 | 15:16 WIB Last Updated 2017-01-21T08:16:35Z
JAKARTA, FAKTABANDUNGRAYA.COM - Menteri Pariwisata Dr Ir Arief Yahya MSc bersama Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo me-launching Solo Great Sale (SGS) dan Calendar Event Solo 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata, Senin malam (16/1/17). Event tahunan SGS ini mengangkat tema “Ceria Bersama Pesona Belanja Kota Budaya” dan akan memanjakan semua wisman dan wisnus selama satu bulan penuh, 1-28 Februari 2017 untuk pesta discount. Lokasinya, di semua pusat perdagangan dan perbelanjaan; hotel & restoran; pertokoan, serta outlet bisnis lainnya yang ada di kota Surakarta, Jawa Tengah.

Bagi para pemburu diskon, penghobi belanja, sekaligus jalan-jalan di pusat perbelanjaan Kota Bengawan, pastikan di antara tanggal 1-28 Februari itu membuat planning ke Solo, sebab ada Solo Great Sales 2017 yang sudah memasuki tahun ke-3. Kegiatan ini makin memperkuat branding Kota Solo sebagai kota budaya, destinasi wisata & kota MICE.

“Selama satu bulan SGS 2017 ini diproyeksikan menghasilkan transaksi sebesar Rp 200M, atau naik 30% dari capaian tahun lalu Rp 125M. Kunjungan wisatawan ditargetkan 250.000 orang, yang menginap di hotel 150 ribu. Maka events ini betul-betul akan berdampak signifikan terhadap perekonomian lokal di Solo, dari sektor pariwisata,” kata Menpar Arief Yahya.

Mantan Dirut PT Telkom ini sekaligus memperkuat asumsi yang pernah disampaikan secara resmi oleh World Bank, bahwa Pariwisata adalah sektor yang sangat kuat menyumbangkan 10% PDB Nasional, dan saat ini Indonesia tertinggi di ASEAN. Pertumbuhan PDB Pariwisata di atas rata-rata industry yang lain. “Spending USD 1 juta, akan menghasilkan PDB minimal 170% atau lebih. Ini yang sering disebut orang dengan istilah multiplying effect terbesar di sector Pariwisata itu,” jelas Arief Yahya yang tahun 2013 sudah terpilih sebagai Marketeer of The Year versi MarkPlus tersebut.

Shopping dan Culinery, kata Arief Yahya, itu adalah 45% dari 60% portofolio Pariwisata. Jadi persentasenya sangat besar. Pariwisata itu 60% culture, 35% nature, 5% manmade. Dari 60% yang culture itu, 45%-nya diborong oleh Shopping and Culinary. “Karena itu Solo Great Sale 2017 ini menjadi sangat strategis,” jelas Arief Yahya yang asli Banyuwangi ini.

Menpar Arief Yahya juga mengapresiasi penyelenggaraan SGS 2017 ini yang diformat untuk upaya mempromosikan dan menarik kunjungan wisatawan ke Kota Solo. Tentu dengan program Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia yang tahun ini mentargetkan kunjungan 15 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan 265 juta wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air.

Menpar Arief Yahya menjelaskan lebih jauh, keterlibatan 1.500 tenant dalam kegiatan SGS 2017 menunjukan kekompakan seluruh stakeholder Kota Solo dalam melakukan BAS (Branding/PR-ing, Advertising, dan Selling). Terutama untuk kegiatan selling di mana peran pelaku usaha lebih besar, sedang pemerintah memberikan pendukungan atau fasilitator.

“Biasanya bila Januari bertepatan dengan musim liburan hari raya Imlek akan terjadi lonjakan kunjungan wisman, selanjutnya pada Februari akan terjadi penurunan kunjungan wisman. Bulan Februari 2017 kemungkinan akan low season sehingga perlu upaya kreatif antara lain menggelar even menarik seperti penyelenggaraan SGS 2017 yang masuk sebagai kalender pariwisata nasional,” kata lulusan ITB Bandung, Surrey University Inggris, dan Program Doktoral Unpad Bandung itu.

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo menjelaskan, SGS 2017 ini merupakan upaya untuk menggerakan perekomian masyarakat maupun dunia usaha. Diantaranya; perbankan, hotel, properti, maskapai penerbangan, kereta api, dealer mobil dan motor, bengkel, restaurant, travel agent, jasa transportasi, pertokoan, toko elektronik, butik, distro, pusat perbelanjaan, pasar tradisional, komunitas sentra-sentra industri , klinik kecantikan, spa dan salon kecantikan, serta semua perusahaan produk barang maupun jasa di wilayah Solo Raya.

“Ini sekaligus komitmen Pemkot Surakarta dan KADIN Kota Surakarta dalam memperkuat branding dan mendorong iklim bisnis dan investasi yang kondusif bagi pelaku usaha di Surakarta. Apalagi bila melihat siklus pergerakan ekonomi dan bisnis yang terjadi di bulan Februari, hampir seluruh sektor usaha mengalami perlambatan (low season) untuk ini diperlukan stimulasi kegiatan promosi efektif yang mampu lebih menggeliatkan ekonomi,” kata FX Hadi Rudyatmo.

Untuk memeriahkan SGS 2017, akan diintegrasikan dengan berbagai kegiatan lain selama Februari 2017 di Kota Solo. Seperti Solo Imlek Festival (Chinese Traditional & Cullinary and Flying Lampion), Haul Habib Ali Bin Muhammad al Habsyi, Grebeg Sudiro (sedekah bumi, grebeg & kembang api), Festival Jenang; Hari Jadi Kota Solo, Pameran Produk UKM; Festival seni budaya; Solo Fashion Paradise; Otomotif & Realestate Expo; Solo Karnaval; kreatifitas tenant; dan hiburan lainnya.

Penyelenggaraan even SGS dalam dua tahun terakhir menghasilkan kenaikan omzet yang siginifikan. Penyelengaraan SGS tahun 2015 yang diikuti 571 tenant menghasilkan omzet Rp 80 miliar, SGS 2016 diikuti 1.206 tenant mengasilkan omzet Rp 161 M (Dibulatkan 150 M), sedangkan SGS 2017 yang akan diikuti 1.500 tenant ditargetkan akan menghasilkan omzet Rp 200 miliar.

Perjalanan Dikna Faradiba Menjadi Miss Southeast Asia Tourism Ambassadress 2016/2017

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pariwisata memberi apresiasi kepada Putri Pariwisata Indonesia 2015, Dikna Faradiba yang berhasil meraih gelar Miss Southeast Asia Tourism Ambassadress 2016/2017. Dikna berhasil meraih empat gelar bergengsi di ajang ini, yaitu Miss Southeast Asia Tourism Ambassadress 2016/2017, Best National Costume Miss Tourism International 2016, Miss Glowing Glojas miss Tourism International 2016 dan Most Prolific in Sosial Media Miss Tourism International 2016.

Atas prestasi yang ditorehkan itu, Founder & Chairman EL JOHN Pageants (Yayasan Putri Pariwisata Indonesia tempat Dikna bernaung), Johnnie Sugiarto, menyampaikan apresiasinya. Menurutnya berkat dukungan berbagai pihak, terutama Kementerian Pariwisata, wakil Indonesia tersebut berhasil menorehkan prestasi terbaiknya diajang tahunan tersebut.

Menurut Johnnie, sejauh ini Dikna juga telah diberikan pembekalan yang cukup dan mumpuni dari EL JOHN Pageants sebagai yayasan yang menaungi Putri Pariwisata. Dia mendapat banyak pelatihan, yakni kelas catwalk, pemotretan dengan berbagai busana karya perancang handal tanah air, hingga memperlancar public speaking dengan seringnya Dikna ditugaskan ke berbagai destinasi wisata Indonesia mewakili EL JOHN Pageants. (Biro Hukum dan Komunikasi Publik)
×
Berita Terbaru Update