Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Walikota Bandung Terima Penghargaan Tokoh Penggerak Pluralisme

Minggu, 29 Januari 2017 | 01:59 WIB Last Updated 2017-01-29T06:59:57Z
FAKTABANDUNGRAYA.COM – Walikota Bandung Ridwan Kamil bersama seluruh eleman masyarakat terus berupaya menjaga kondusifitas, keanekaragaman suku, ras, dan agama. Kebhinekaan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai Pancalisa itulah yang mendasari para aktivis muda kristiani di Bandung memberikan penghargaan kepada Ridwan sebagai tokoh Penggerak Pluralisme.

Penghargaan tokoh Penggerak Pluralisme diserahkan oleh Maruarar Sirait pada acara Natal Pemuda-Pemudi Kristen Bandung Raya di Dago, Sabtu (28/01) malam.

Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan anak muda yang tergabung dalam berbagai komunitas keagamaan, seperti Huria Kristen Batak Protestan (HKBP),Gereja Kristen Indonesia (GKI), Gereja Bethel Indonesia (GBI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia GMKI),Gereja Kristen Pasundan (GKPs), dan lain-lain. Turut hadir pula pada acara tersebut Maruarar Sirait, Edo Kondologit, dan perwakilan dari GP Anshor.

Ketua panitia, Theo Cosner Tambunan mengatakan, acara itu dilaksanakan oleh Paguyuban Pemuda Kristen Bandung Raya untuk menanamkan rasa kebhinekaan kepada anak muda Bandung dan mencegah terjadinya kegiatan yang memicu intoleransi di kota ini.

"Keberagaman dan kebhinekaan adalah hal yang indah. Gerakan intoleransi saat sangat marak terjadi. Kita miris melihat gerakan intoleransi merebak dan bisa memecah-belah kita bersama. Oleh karena itu kita laksanakan acara ini karena kita cinta akan gerakan toleransi di Kota Bandung," ujar Theo.

Ridwan Kamil yang hadir membuka acara menjelaskan bahwa sedari awal pembangunannya, Kota Bandung telah didesain untuk menjadi kota pelesir. Kota ini banyak didatangi oleh masyarakat dari mana-mana. Oleh karenanya, Kota Bandung tumbuh menjadi kota yang plural.

Menurutnya, Indonesia juga pada hakikatnya adalah negara yang lahir dari perbedaan. Ratusan budaya, suku, dan bahasa menjadikan negeri ini sangat beragam namun bisa dipersatukan dengan semangat kemerdekaan.

"Maka kalau ada orang yang ingin menyeragamkan Indonesia ini dengan paksaan, itu sudah melawan narasi sejarah. Nggak boleh ada pemaksaan untuk menyeragamkan urusan hidup kita," tutur Ridwan.

Warga Bandung sangat santun dan sangat toleran, untuk itu peristiwa intoleransi di Kota Bandung, beberapa waktu lalu terjadi karena oknum tertentu yang tidak merepresentasikan warga Bandung sendiri.

"Jadi jangan menggeneralisasikan bahwa orang Bandung semuanya begitu. Saya percaya, mayoritas warga Bandung sangat santun dan toleran," tegasnya.

Insya Allah pemerintah kota dapat terus menegakan paham pluralisme berdasar Pancasila dan peraturan yang berlaku. Contohnya, ia memberikan ijin pembangunan rumah ibadah jika sesuai dengan regulasi yang ada.

"Selama lima tahun, kami telah memberikan ijin kepada 300 rumah ibadah non muslim. Itu jumlah terbanyak di Indonesia. Artinya, 60 bangunan ibadah pertahun kami ijinkan," terangnya.

ia memastikan kepada warga Bandung, apapun latar belakang agama dan kehidupan sosialnya, mereka akan memiliki hak yang sama di Kota ini. "Selama KTP-nya di Kota Bandung, masalah hidupnya adalah masalah saya," pungkasnya. (yad/sein)
×
Berita Terbaru Update