Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Antisipasi Golput, Hery Ukasah Minta Penyelenggara Pilkada Tingkatkan Sosialisasi

Rabu, 22 November 2017 | 13:27 WIB Last Updated 2017-11-24T13:25:59Z
BANDUNG, FAKTABANDUNGRAYA.COM,--- Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Jawa Barat Hery Ukasah Sulaeman, meminta pihak penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada) baik itu KPU Provinsi/ KPUDearah maupun Bawaslu/Panwaslu, harus terus meningkatkan sosialisasi keberbagai kalangan dan elemen masyarakat. Hal ini penting dalam rang meningkatkan angka partisipasi masyarakat dan juga sebagai antasipasi Golput.

Menurut, Hery Ukasah, berdasarkan hasil pemantauan dilapangan ternyata, masih cukup banyak masyarakat yang kurang paham bahkan tidak tahu tahapan pelaksanaan sampai waktu pencoblosan. Padahal waktu terus bergulir. Untuk itu, kegiatan sosialisasi harus ditingkatkan dan dilakukan secara massif.

Pemerintah dan terutama Pihak penyelengga Pilkada yaitu KPU dan Bawaslu, harus semakin intensif melakukan sosialisasi terutama bagi kalangan pemilih pemula. Seperti masuk ke kampus-kampus, ke sekolah (SMA/SMK/MA) atau ke tempat-tempat komunitas yang di dalam banyak berkumpul anak-anak muda.

Hal ini dikatakan Anggota Fraksi Partai Gerindra yang juga anggota Komisi V DPRD Jabar, Hery Ukasah Sulaeman kepada wartawan di DPRD Jabar, Jl. Diponegoro 27 Bandung, kemarin.

Hery juga mengatakan, keberhasilan penyelenggaraan Pilkada itu, tidak terlepas dari tingginya angka partisipasi masyarakat yang menggunakan Hak-nya. Semakin rendah angka partisipasi masyarakat atau tingginya angka “Golput” itu merupakan cermin dari proses demokrasi yang buruk, ujarnya.

Lebih lanjut, dalam elakukkan sosialisasi, ke lembaga sekolah, tak mesti menunggu dilaksanakan pihak KPU, berbagai lembaga seperti lembaga legislatif bisa berperan . Momen itu ada, misalnya melalui reses ataupun pertemuan lainnya.

Sosialisasi melalui lembaga Sekolah, dari sisi manfaatnya tak hanya untuk cegah golput saja, tetapi akan menjadi sarana pendidikan politik untuk para siswa. Hadirnya kesadaran politik di kalangan siswa tersebut, tentunya dapat bermanfaat bagi siswa "mampu menggugah kesadaran untuk bertanggung jawab dan partisipasi dalam penyelenggaraan pembangunan yang sudah diagendakan oleh pemerintah, tandasnya. (sein)
×
Berita Terbaru Update