Gatot : Gubernur Terpilih Harus Anggarkan Kembali Dana Bencana Alam

BANDUNG, (FBR.Com),--- Provinsi Jawa Barat tergolong daerah rawan bencana alam, untuk sudah selayaknya Pemprov Jabar dalam penyusunan anggaran dapat menambah anggaran tanggap darurat bencana. Hal ini penting, menurut Gatot Tjahyono, karena musibah bencana itu tidak dapat dipradiksi kapan akan terjadi dan bila sewaktu-waktu terjadi bencana alam dengan cepat dapat diatasi.

Menurut Anggota DPRD Jabar Gatot Tjahyono, berdasarkan peta geografi bahwa mayoritas wilayah di Jabar tergolong daerah rawan bencana alam. Baik itu berupa tanah longor maupun banjir. Untuk itu, DPRD Jabar akan mendorong pihak Pemprov untuk mempersiapkan dan menambah dana bencana alam atau dana onecall ( tanggap darurat-red).

Begitu mendengar dan mengetahui terjadi bencana alam maka pemprov Jabar secepatnya mengajukan permohonan ke Dewan untuk minta persetujuan pencairan dana bencana/ onecall yang memang sudah disediakan. Karena yang namanya penanganan tanggap darurat itu harus cepat, jangan sampai jatuh korban jiwa karena terkendala lamanya pencairan anggaran, kata Gatot Tjahyono kepada wartawan di Bandung, Rabu, (14/3/18).

Dikatakan, sudah beberapa tahun ini, anggaran untuk tanggap darurat bencana Alam di Jawa Barat, tidak ada dalam APBD. Padahal, hamper setiap tahun dibeberapa wilayah terjadi bencana alam. Bahkan di tahun 2018 ini saja, ada beberapa dearah yang dilanda bencana, diantaranya, Bandungraya (Kota Bandung, Kab Bandung, Bandung Barat), Karawang, Bekasi, Kab/kota Cirebon, Kuningan, Ciamis, Tasikmalaya.

Namun, kita berharap semoga Gubernur terpilih nanti, dapat memberikan perhatian terhadap bencana di Jawa Barat serta kembali dapat menganggarkan dana kebencanaan , harapnya.

Lebih lanjut Gatot Tjahyono mengatakan, "Gubernur baiknya segera melakukan langkah darurat untuk mengatasi bencana ini terutama dalam hal penyediaan sarana prasarana kesehatan pendidikan dan kebutuhan makanan sehari-hari saat di pengungsian maupun lokasi hunian sementara," kata politisi senior PDIP ini saat mengunjungi Kabupaten Kuningan dan Cirebon dalam mewakili Badan Anggaran DPRD Jabar.

Saat ditanya, apabila paslon No 2. Hasanah (Tubagus Hasanuddin - Anton Charliyan), berhasil terplih dan menang dalam pertarungan Pilgub Jabar 2018, apakah kembali menganggarkan dana bencana ?... Ya, itu pasti, karena Hasanah sangat memperhatikan masalah lingkungan dan kebencanaan. Bahkan Hasanah sudah siap mengalokasikan anggaran sebesar Rp 100 miliar, ujarnya.

Ia menambahkan, bencana alam banjir selain akibat deras nya hujan juga jebolnya beberapa tanggul serta adanya sedimentasi sungai sehingga menyebabkan meluap nya air kekawasan penduduk termasuk di kota kab bandung .

Selain itu langkah-langkah konkrit ini diharapkan dapat segera di lakukan aparat kabupaten/kota dan Jawa Barat,pungkas wakil rakyat daerah pemilihan Jawa Barat XI (Kab Ciamis, Kab Kuningan & Kota Banjar) ini.(sein/red)

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.