Kunjungi Berbagai Ponpes, Yayasan Wiranatakusumah Sebut 42.000 Pesantren Di Jawa Barat Masih Minim Fasilitas Usaha Produktif

TASIKMALAYA,( faktabandungraya.com),-Yayasan Wiranatakusumah menyebut dari sekitar 4.200-an Pondok Pesantren di Jawa Barat masih sedikit yang memiliki aktivitas usaha produktif yang dapat menunjang proses belajar mengajar. Pesantren merupakan ujung tombak pendidikan Islam di Indonesia.

Namun sangat disayangkan dari sekian banyak pesantren, masih sedikit yang memiliki aktifitas usaha produktif yang dapat menunjang proses belajar mengajar. Hal ini dikatakan Wakil Ketua Yayasan Wiranatakusumah, Moely Wiranatakusumah saat berkunjung ke Ponpes Al-Irsyadiyyah (25/3/2018).

“Kondisi layaknya mendapat dukungan dari berbagai pihak termasuk pemerintah. Dari sekitar 4.200 pesantren yang ada di Jawa Barat, masih sangat sedikit yang memiliki aktifitas usaha produktif yang dapat menunjang proses belajar mengajar. Terlebih pondok pesantren yang berada di pelosok Jawa Barat, sebagian masih dalam kondisi apa adanya,” kata Moely.

Moely menambahkan pihaknya terus berusaha memotivasi pondok pesantren dalam bentuk bantuan.

“Kami berusaha memotivasi, meski dalam bentuk bantuan yang tidak seberapa besar tetapi semoga ini menjadi sebuah inspirasi bagi lembaga-lembaga lain untuk mendorong kemajuan pondok pesantren di Jawa Barat,” ucapnya.

Sementara itu Muhammad Irsyad Abdul Malik Aziz, Pimpinan Ponpes Al-Irsyadiyyah dirinya sangat menyambut kedatangan keluarga Wiranatakusumah ini. "Kami menyambut baik hadirnya Yayasan Wiranatakusumah yang tanpa embel-embel kepentingan politik. Pondok perlu dibantu, dibela dan diperjuangkan," tegas Muhammad Irsyad.

Dalam menjalankan perannya, Yayasan Wiranatakusumah memiliki berbagai program, diantaranya Sa-Wira atau Santri Wirausaha. Ini sejalan dengan aktifitas santri di pondok pesantren.

Yayasan ini terus menyambangi pesantren di Jawa Barat. Sepekan kebelakang yayasan ini juga menyambangi Pesantren Al fath Sukabumi Jawa Barat. Di Pesantren pimpinan ulama kharismatik Sukabumi K.H Fajar Laksana ini, Yayasan ini berkomitmen akan terus membangun kerjasama di bidang pemberdayaan santri dan kebudayaan.

Yayasan Wiranatakusumah sendiri merupakan organisasi non pemerintah yang memiliki tanggungjawab untuk menumbuhkembangkan rasa cinta tanah air dan mendukung kegiatan-kegiatan yang mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan dan kualitas hidup masyarakat.

Yayasan Wiranatakusumah adalah lembaga yang berdiri sejak tahun 2008 dan bergerak di bidang sosial kemasyarakatan di Jawa Barat, terutama di bidang pendidikan dan pelestarian budaya. Organisasi ini didirikan oleh para Sesepuh keturunan Raden Adipati Aria Haji (R.A.A.H) Muharam Wiranatakusumah V (Dalem Haji) Bupati Bandung. Semangat perjuangan Dalem Haji di masa hidupnya yang tercatat dalam sejarah, menjadi pendorong kuat pergerakan Yayasan Wiranatakusumah untuk memberikan andil dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara umumnya, dan di Jawa Barat pada khususnya. (cuy/rls).

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.