Peringatan Nuzulul Qur’an, Media Meningkatkan Keimanan Dan Ketaqwaan Kepada Tuhan YME

FAKTABANDUNGRAYA.COM, BANDUNG - Kodam III/Siliwangi pada bulan Ramadhan 1439 H melaksanakan peringatan Nuzulul Qur’an yang dilaksanakan di Masjid Al-Ikhlas Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh Kota Bandung, Rabu, 6 Juni 2018.

Nuzulul Qur’an adalah peristiwa pertama kali diturunkannya Ayat Suci Alqur’an kepada Nabi Muhammad SAW, sebagi petunjuk bagi manusia.

Pangdam III/Siliwangi pada sambutannya yang dibacakan Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurcahyanto, M.Sc, “peringatan Nuzulul Qur’an merupakan salah satu upaya Komando dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan Prajurit dan PNS Kodam III/Siliwangi beserta keluarganya," terang Kasdam III.

"Puasa di Bulan Ramadhan bagi umat Islam untuk melatih dirinya agar menjadi insan yang selalu bersyukur  atas rahmat dan karunia dari Allah SWT, disaat kita ikut merasakan bagaimana rasanya menahan lapar dan dahaga seperti yang dirasakan oleh fakir miskin sehingga kita akan lebih peduli terhadap sesama," lanjutnya.

Tema yang diusung pada peringatan ini, 'Dengan Hikmah Puasa Ramadhan Dan Nuzulul Qur’an 1439 H / 2018 M Kita Tingkatkan Keimanan Dan Ketaqwaan Kepada Allah SWT Sebagai Landasan Moral Dalam Melaksanakan Tugas Pokok TNI' .

Sementara itu  KH. Asep Sudarman, M.Ag dalam ceramahnya menyampaikan, “ Tidak terasa hari ini kita sudah masuk pada hari ke 21, kalau dalam pertandingan kita sudah masuk pada babak semi final yaitu babak penentu".

"Itu tergantung kepada kita, mau jadi pemenang atau pecundang, seandainya di 10 malam ini kita semakin semangat, ibadah semakin kuat, akhlak semakin hebat insya Allah tahun ini kita akan mendapat pemenang dibulan rahmat, tapi sebaliknya seandainya justru ibadah mulai menurun, sedekah mulai ogah dan akhlak sudah berubah menjadi parah itu indikasi kita akan menjadi orang kalah dibulan rahmat," jelasnya.

“Karena di sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan ini ada satu malam yang sangat istimewa yaitu malam Lailatul Qodar, kita harus kejar dan cari dengan cara meningkatkan ibadah dan memperbanyak amal kebajikan," tuturnya.

Pada akhir ceramahnya KH. Asep Sudarman, S.Ag mengajak agar segenap warga Kodam III/Siliwangi dapat menciptakan suasana yang indah saling menyayangi, saling memaafkan kesalahan diantara sesama serta saling mengingatkan untuk berbuat kebaikan.

Peringatan Nuzulul Qur’an dihadiri oleh Irdam III/Siliwangi, Para Staf Ahli Pangdam III/Siliwangi, PA Lesion, Para Asisten Kasdam III/Siliwangi, Kabalakdam III/Siliwangi, Ketua Persit PD III/Siliwangi dan Pengurus. (Cuy/Pendam III)

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.