Presiden Jokowi Naikkan Tunjangan Dukungan Operasional Babinsa

FAKTABANDUNGRAYA.COM, BANDUNG - Terhitung sejak bulan Juli 2018, Bintara Pembina Desa (Babinsa) di seluruh Indonesia mendapatkan kenaikan tunjangan Dukungan Operasional (Dukop), besaran kenaikan tunjangan Dukop Babinsa sekitar 800 ribu rupiah perbulan. Hal ini dikemukakan Presiden Joko Widodo saat memberi pengarahan kepada 4.435 Babinsa di lingkungan Kodam III/ Siliwangi dan 70 Babinsa perwakilan dari 14 Kodam lainnya, di Hanggar PT DI, Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Selasa, 17 Juli 2018.

"Tahun lalu saya sudah perintahkan kepada Menteri Keuangan untuk siapkan anggaran bagi peningkatan tunjangan kinerja Babinsa dan mulai juli ini kenaikan tunjangan Babinsa sudah diterima," ujar Presiden Jokowi.

Dihadapan sekitar 4500an Babinsa yang hadir, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh Babinsa baik yang berada dilingkup kerja Kodam III/Siliwangi maupun seluruh Babinsa di penjuru tanah air atas pengabdian, atas dedikasi, atas kerja keras bersama - sama dengan Kapolri menjalankan tugas Negara menjaga keamanan, menjaga ketertiban dan terutama dalam mengamankan jalannya Pilkada beberapa minggu yang lalu sehingga Pilkada dapat berjalan lancar, aman dan damai berkat kerja keras para Babinsa dilapangan.

Presiden Jokowi, sebagai kepala negara sekaligus Panglima tertinggi di TNI, memberikan perhatian yang sangat besar atas peningkatan profesionalisme Babinsa, terutama berkaitan dengan kesejahteraan Babinsa.

"Saya tau Babinsa berada di posisi barisan terdepan dalam menjaga keamanan, dalam menjaga kedaulatan, ikut dalam menjaga ketertiban yang ada di desa - desa dan kalau kita sadar dan tau bahwa Negara kita adalah Negara yang sangat besar ," ungkap Jokowi.

Akhirnya, lanjut Jokowi, pada kesempatan ini saya mau titipkan pada seluruh anggota Babinsa yang pagi hari ini hadir dan tahu apa yang harus kita lakukan.

"Sebagian tugas-tugas yang saudara kerjakan dilapangan mempunyai tantangan yang dihadapi kedepan semakin hari bukan semakin mudah tetapi semakin besar dan semakin sulit," tutur Jokowi.

"Babinsa harus memiliki kemampuan dan komunikasi sosial bergaul dengan komponen masyarakat, bergaul dengan sesama TNI dan Polri," pungkasnya.

Adapun rincian kenaikan tunjangan Dukungan Operasional (Dukop) Babinsa, Type A dari Rp 104.000/bulan menjadi Rp 900.000/bulan sedangkan Babinsa Type B dari Rp 440.000/bulan menjadi Rp 1.200.000/bulan. (Cuy/Red/Pendam III)

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.