Yod : DPRD Mendukung Pemprov Jabar Lakukan Reaktivasi Jalur KA

Yod Mintaraga, anggota DPRD Jabar (foto:istimewah)
Jabar, faktabandungraya.com,-- Keinginan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menghidupkan kembali jalur kereta api di Jawa Barat yang sudah lama tak difungsikan (reaktivasi), seperti rute Banjar-Cijulang-Pangandaran-Parigi, Garut-Cikajang, Cikudapateuh Bandung-Banjaran-Ciwidey, dan Rancaekek-Tanjungsari, merupakan langkah positif dan perlu didukung.

Menurut, anggota Komisi IV DPRD Jabar Yod Mintaraga, pada prinsipnya setuju saja dan kita siap mendukung, tapi kan karena sekarang sudah banyak dibangun jalan untuk moda transportasi lain, jumlah kendaraan juga banyak, tentu harus di kaji ulang jalur KA mana saja yang akan di reaktivasi," kata politisi Golkar ini kepada media di Bandung,Senin (17/9-18).

Diungkapkannya, rencana reaktivasi jalur Bogor-Sukabumi, Sukabumi-Cianjur, Tanjungsari-Rancaekek sangat memungkinkan. Namun, Yod menilai untuk jalur Bandung-Ciwidey ataupun Banjar-Parigi sangat sulit, mengingat saat ini di jalur tersebut sudah banyak dibangun pemukiman warga.

"Saya lihat Bandung-Ciwidey ataupun Banjar-Parigi, agak meragukan karena investasi cukup besar. Kalau lihat dari sisi wisata itu view bagus, jalur Banjar-Parigi, saya kan pernah gunakan jalur itu, lihat pemandangan, terowongan ada jembatan panjang, tapi sekarang prihatin. Belum lagi persoalan sosial, jalur itu sudah banyak dirambah masyarakat," Ujarnya.

Lebih jauh diungkapkannya, persoalan pembebasan lahan untuk jalur kereta api, bakal menemui kendala. Pasalnya, persoalan pembebasan lahan sering kali berjalan alot.

"Sekarang harus bebas dulu jalurnya dari persoalan sosial termasuk pemukiman, itu tidak mudah. Penyediaan anggaran bisa dibantu secara bertahap, tapi persoalannya kalau sudah menyangkut masalah lahan masyarakat, akan susah,"pungkasnya.(sein).

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.