Dansektor 22 : Dibutuhkan 100 Instalasi Pengomposan Kotoran 21 Ribu Ekor Sapi Di Lembang

FAKTABANDUNGRAYA.COM, LEMBANG - Dansektor 22 Kol Inf Asep Rahman Taufik membutuhkan 100 instalasi pupuk kandang (pengkomposan) yang digunakan untuk mengelola kotoran sapi yang ada di Kecamatan Lembang yang berjumlah sekitar 21 ribu ekor sapi. Hal itu diungkapkannya saat meninjau salah satu instalasi pengkomposan di desa Pasirwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (11/10).

"Saya sudah mengajukan penyediaan anggaran ke Bapenas, baik penyediaan instalasi dan operasional selama dua bulan. Dalam waktu dekat ini kabarnya sudah dijadwalkan akan menerjunkan tim survey," kata Kolonel Asep Rahman.

Saat ini, kata Asep, Satgas Subsektor 22-16 bekerjasama dengan kelompok warga telah memiliki dua instalasi pengkomposan di desa Pasirwangi dan Cikahuripan, dengan kapasitas masing-masing mampu mengelola dan menghasilkan 14 ton pupuk organik dari kotoran sapi sebanyak 200 ekor.

"Sebenarnya instalasi disini masih kurang, ternyata di desa ini terdapat 507 ekor, sementara instalasi pengkomposan hanya mampu mengelola kotoran 200 ekor sapi," ujar Kolonel Asep Rahman.

"Makanya sudah 4 hari stagnan, karena menunggu proses pengkomposan selama 3 minggu. Sisa kotoran yang belum dapat diolah tetap kita kumpulkan sambil menunggu proses pengkomposan selesai," sambungnya.

Menurut Dansektor 22, Kecamatan Lembang memiliki dua permasalahan utama yakni, kotoran sapi dan kurangnya tata kelola sampah. Namun, lanjut Asep Rahman, dirinya sudah bertemu dan berbicara dengan Aa Umbara selaku Bupati Kabupaten Bandung Barat dan sesuai komitmennya dalam waktu dua bulan, Lembang bebas dari sampah.

"Saya sudah ngobrol dengan bupati, mendiskusikan dua permasalahan ini untuk segera diatasi. Serta akan memberikan dua kendaraan pick up untuk operasional sampah dan pengelolaan kotoran sapi," ungkap Asep Rahman.

Bahkan, lanjut Asep, Bupati juga akan mengumpulkan seluruh Rt/Rw yang ada di 16 desa di Kecamatan Lembang. "Dia (bupati) berpesan kepada saya untuk segera mengundang seluruh Rt/Rw yang ada di Kecamatan Lembang. Mudah-mudahan janjinya terealisasi, yang bercita-cita lembang bebas dari sampah," harapnya.

Selain itu, terkait penanganan sampah, Dansektor 22 juga telah melakukan koordinasi dengan pelaku usaha pariwisata yang ada di Kecamatan Lembang agar mengelola sampahnya dengan benar, "paling tidak sudah mengelola sampah dengan metode memilah, karena kami (satgas-red) akan menampung sampah organik untuk digunakan sebagai bahan kompos," ungkapnya.

Jumlah personil Satgas Subsektor 22-16 Lembang sebanyak 18 anggota dibawah Dansubsektor Serma Chandra, "meski dengan jumlah dan anggaran yang terbatas saat ini, paling tidak kami sudah melakukan upaya, bersama warga dengan mengelola dua lokasi pengomposan, sambil menunggu anggaran terealisasi," pungkasnya. (cuy)

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.