Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Dukung Program Citarum Harum, PT Sinar Continental Komitmen Jaga Hasil Pengolahan Limbah

Selasa, 02 Oktober 2018 | 16:58 WIB Last Updated 2018-10-03T04:18:30Z
CIMAHI - PT Sinar Continental berkomitmen akan terus menjaga hasil pengolahan limbahnya selalu jernih dan aman bagi ekosistem sungai, sebagai bentuk dukungan terhadap program Citarum Harum yang diamanahkan sesuai Perpres 15 Tahun 2018. Andrew Wibowo, selaku direktur perusahaan tekstil yang memproduksi segala jenis kain interior ini menyatakan bahwa selama pabrik ini berdiri sangat memperhatikan aspek lingkungan, baik limbah cair maupun limbah lainnya.

"Kami meganggap serius isu lingkungan, karena kami bagian dari Jawa Barat ingin memberikan yang terbaik bagi Jabar," ujar Andrew saat menerima kunjungan Dansektor 21 beserta anggotanya yang melakukan pengecekan ulang di IPAL PT Sinar Continental, Selasa, (2/10).

Sebelum adanya Satgas Citarum, kata Andrew, pihaknya selama ini selalu berusaha meningkatkan pengolahan limbah cair pabriknya, selalu menjaga baku mutu yang diatur oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi.

"Dengan adanya Satgas Citarum, melalui Komandan Sektor 21 yang mengarahkan agar limbah yang dibuang sudah harus lebih jernih dan ada ikan di ujung outlet pengolahan limbah. Kami sudah melakukan upaya tersebut hingga hasil limbah yang diolah sudah melebihi baku mutu seperti sebelumnya," tutur Andrew.

Andrew menyadari, untuk menghasilkan limbah yang jernih dan aman bagi ekosistem sungai dibutuhkan biaya tambahan yang tidak sedikit. Sebelumnya, saat pertama kali Satgas Sektor 21 sambangi perusahaan yang berlokasi di Jalan Industri, Kota Cimahi ini sudah mampu menunjukkan limbah yang cukup baik, hanya saja menurut Dansektor 21 pada saat itu limbah hasil pengolahan masih perlu ditingkatkan agar benar-benar aman untuk ekosistem guna mengembalikan kelestarian ekosistem sungai dan masyarakat DAS.

Andrew mengklaim dalam melakukan peningkatan pengolahan limbah telah menggelontorkan dana sebesar 1 miliar untuk penambahan instalasi berupa beberapa bak filter, penambahan jenis obat chemical. Andrew menyebut bahwa, "ini adalah bagian dari komitmen kami bagi lingkungan, yang penting limbah yang dihasilkan sesuai apa yang diinginkan Satgas dan kita semua masyarakat Jawa Barat," ungkapnya.

Sementara ditemui di tempat yang sama, Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat mengapresiasi usaha dan upaya yang dilakukan perusahaan dalam melakukan peningkatan hasil pengolahan limbah. Dalam kesempatan itu, Dansektor 21 ditemani Direktur dan para staff perusahaan melihat secara langsung limbah hasil pengolahan akhir yang lebih jernih dari sebelumnya, dan ikan yang hidup di ujung outlet pengolahan.

"Yang kami inginkan dari perusahaan ini selanjutnya agar terus menjaga hasil pengolahan limbahnya seperti ini, jernih dan ada ikan yang hidup," harap Yusep.

"Kalo sudah bisa menjernihkan, tinggal bagaimana agar menjaga. Sebagai bentuk dukungan terhadap Satgas citarum dalam mengembalikan ekosistem sungai," pungkasnya. (Cuy).
×
Berita Terbaru Update